Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pusing Packing Baju buat Liburan? Ini Tips yang Bisa Dicoba

Pusing Packing Baju buat Liburan? Ini Tips yang Bisa Dicoba
Foto: Ilustrasi packing baju buat liburan (Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Saat liburan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Salah satunya adalah packing baju yang akan dipakai saat liburan.

Namun, urusan packing ini terkadang bikin pusing. Pasalnya, banyak barang yang ingin dibawa sehingga bikin susah masuk dalam koper.

Nah, biar liburan lebih nyaman, berikut tips packing baju yang bisa dicoba, seperti dilansir dari laman Hipwee.com.

Baca juga: Ini Desa Wisata di Kalimantan yang Punya Daya Tarik Khas dan Menawan

1. Pilih Baju Sesuai Tempat Wisata

Tips pertama adalah menyesuaikan baju yang dibawa dengan tempat wisata yang akan dikunjungi. Ini berguna agar tidak perlu membawa semua baju yang dipunya.

Sebagai contoh membawa baju tebal saat berwisata ke daerah dataran tinggi dengan suhu rendah. Begitu sebaliknya saat berwisata ke daerah pantai, usahakan hindari baju tebal karena suhu daerah pantai cenderung lebih hangat.

2. Gunakan Rumus Packing Baju 2+3+7

Saat akan pergi berlibur lebih dari 3 hari, gunakan rumus packing baju 2+3+7. Maksudnya siapkan 2 jaket, 3 bawahan dan 7 baju. Dengan rumus ini anda tidak perlu membawa banyak barang dan usahakan pilih celana baha, jeans atau biasa.

Untuk jaket pilih dengan bahan anti air, anti angin serta bergaya santai. Beralih ke pakaian, padukan dengan lengan pendek, kaos lengan panjang, kemeja, tank top atau gaun. Dan jangan lupa untuk pakaian yang dibawa mudah kering dan dicuci.

3. Pilih Alas Kaki yang Tepat

Memilih alas kaki yang tepat juga perlu diperhatikan. Jangan sampai anda salah memilih alas kaki dengan destinasi liburan atau wisata. Jika tempat berlibur memerlukan banyak berjalan kaki, bawalah alas kaki yang empuk.

Selanjutnya jika anda berniat berlibur ke destinasi wisata alam, disarankan untuk memilih alas kaki berwarna gelap. Ini bertujuan agar tidak cepat kusam dan kotor. Saat packing alas kaki dapat juga menyelipkan aksesoris seperti perhiasan atau kacamata agar memaksimalkan ruang di koper atau tas.

4. Siapkan Minimal Dua Tas Kain (Tote Bag)

Jika ada barang yang tidak dapat masuk ke koper, gunakan tote bag atau tas kain. Dengan tas ini anda dapat membawa barang elektronik atau barang cair. Adanya tas ini berguna agar anda tidak perlu membongkar koper saat akan mengambil barang-barang tersebut. Minimal siapkan dua tas kain, satu disimpan di koper yang satunya untuk dijinjing.

5. Membawa Kemasan Kecil yang Bisa Dilipat

Rata-rata peralatan mandi berukuran kecil tapi jumlahnya banyak. Jika tidak disiasati cara packingnya akan membuat koper terasa penuh. Hal tersebut juga berlaku untuk peralatan makan dan tata rias.

Agar barang-barang itu dapat terbawa dengan ringkas, simpan dalam kemasan kecil yang bisa dilipat. Supaya tidak memakan tempat, usahakan membawa peralatan mandi dengan fungsi lengkap, contohnya sabun yang sekaligus bisa jadi sampo.

6. Manfaatkan Jasa Laundry di Penginapan

Agar tidak membeli baju saat persediaan pakaian menipis adalah dengan menggunakan jasa laundry di penginapan. Hal ini dilakukan agar tidak membuat barang bawaan semakin banyak.

7. Atur Pengeluaran agar Barang Bawaan tidak Semakin Banyak

Membeli barang serta oleh-oleh saat berlibur itu wajar namun secukupnya saja agar tidak kewalahan membawanya saat pulang. Agar hal itu tidak terjadi, rencanakan dengan cermat dan matang oleh-oleh yang akan dibeli supaya tidak melebihi kapasitas koper dan tas. Usahakan tidak membeli barang atau oleh-oleh berukuran besar, jikapun dibeli dapat kirimkan barang itu melalui jasa ekspedisi.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: hipwee.com

Comments
Loading...