Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menengok Teater Ismi SMKN Jateng Pati

Menengok Teater Ismi SMKN Jateng Pati
Teater Ismi SMK Jateng Pati saat pentas Kamis (16/6/2022) lalu. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Ekstrakurikuler Teater menjadi salah satu kegiatan penunjang pendidikan karakter di sekolah. Kegiatan itu juga dimiliki SMKN Jawa Tengah kampus Pati.

Kelompok teater SMKN Jawa Tengah itu diberi nama Ismi. Teater Ismi ini lahir 14 Juni 2019 lalu. Kelompok ini punya sekitar 25 anggota yang terdiri dari siswa kelas X dan kelas XI.

Mereka secara rutin melakukan latihan-latihan yakni, olah tubuh, olah rasa, olah vokal, imajinasi dan improvisasi.

Baca: Teater Mina Tani Pati Bawakan Sedekah Laut di Atas Panggung

Menurut Pembina Teater Ismi, Miftahur Rohim, seni teater punya peran penting untuk mengolah karakter dan daya kritis siswa.

Artinya, lanjut Rohim, keberadaan Teater Ismi dapat menjadi penunjang pembentukan karakter siswa SMKN Jateng kampus Pati.

”Yang pertama jelas membentuk mental dan karakter siswa. Lebih dari itu, teater juga membantu mengasah daya kritis dan improvisasi,” ujarnya, Sabtu (18/6/2022).

Maka diharapkan, lulusan SMKN Jateng kampus Pati nantinya mampu menghadapi dunia usaha. Baik secara mental maupun ide-ide kreatifnya.

”Karena di teater mengsah kepekaan, kreatif dan solutif. Selain itu, secara mental, siap kerja. Di Teater itu komplit. Ada seni peran, sastra, ilmu arsitek, musik dan juga manajemen event atau pementasan,” lanjutnya.

Dalam peringatan ulang tahun yang ke-3, Kamis (16/6/2022) lalu, Teater Ismi mempersembahkan pementasan bertajuk ‘Anjlok’ di Aula SMK Jateng Pati.

Di Panggung itu, Rohim selaku sutradara sekaligus penulis naskah mencoba mengajak para aktor untuk merasakan perjuangan hidup seorang petani.

”Pementasan menjadi salah satu metode untuk memberikan pelajaran bagi siswa. Bagaimana menangkap isu, wacana sekaligus merasakan karena menjiwai dalam peran,” tuturnya.

Selain pentas teater, malam itu juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari, sastra, dan paduan suara. ”Kami ingin Teater Ismi mampu memberi warna kesenian di Pati dan Jawa Tengah,” terangnya.

Sementara, Kepala SMKN Jateng Pati, Hardo Sujatmiko mengapresiasi pementasan yang disuguhkan Teater Ismi.

“Terimakasih dan apresiasi kepada anak-anak serta pembimbing yang telah berlatih dan berproses selama ini. Saya dan istri tidak sabar untuk menyaksikan sajian pentasnya. Istri jauh-jauh dari Semarang juga ingin menyaksikan penampilan ini. Semoga dapat memacu semangat untuk tahun-tahun ke depan,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...