Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dispertan Pati: PMK Mudah Disembuhkan, Asal…

Dispertan Pati: PMK Mudah Disembuhkan, Asal…
Penampakan hewan ternak di salah satu pasar hewan di Kabupaten Pati. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengimbau para peternak supaya tidak panik dengan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Penyakit menular pada hewan itu dinilai mudah untuk disembuhkan. Ini diungkapkan oleh Kepala Dispetan Pati, Nikentri Meiningrum.

Meski mudah disembuhkan, lanjutnya, pihaknya meminta peternak tetap melakukan pencegahan dan melaporkan bila ada indikasi PMK.

Baca: PMK Mewabah, Stok Hewan Kurban di Pati Dinilai Aman

”Kita pesennya jangan panik. Karena penyakit ini bisa di sembuhkan. Asalkan ditangani lebih cepat. Jadi, jangan takut lapor petugas. Supaya bisa segera untuk ditindaklanjuti,” ujar Niken, Jumat (18/6/2022).

”Bisa dikasih empon-empon, dikasih madu, dikasih telur. Jadi meningkatkan imun hewan. PMK ini virus seperti flu, jadi perlu vitamin, perlu makanan yang baik, dan yang terpenting sudah mau makan bisa sembuh,” imbuhnya.

Menurutnya, hewan ternak tidak mau makan karena ada luka di mulut dan kukunya. Namun, dapat ditangani sendiri oleh peternak. Yakni, dengan dikasih obat luka seperti obat luka digunakan untuk manusia.

”Jadi bisa dilakukan oleh peternak, sehingga dapat meminimalisir penyebaran. Kalau gejala-gejala ringan, masih bisa di sembuhkan peternak sendiri. Tapi kalau sudah berat, seperti kukunya sudah lepas, memang di rekomendasikan untuk dipotong paksa,” paparnya.

Selain itu, dirinya juga berpesan kepada petugas di lapangan untuk memberikan edukasi ke pertenak terkait penyakit ini. Pihaknya tidak mau ada pedagang yang menjual hewan dengan kondisi sakit.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...