Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

BKKBN Catat 8 Provinsi di Indonesia Ini Alami Penuaan Penduduk

BKKBN Catat 8 Provinsi di Indonesia Ini Alami Penuaan Penduduk
Ganjar Pranowo bersalaman pasangan lansia yang tinggal di rumah tak layak huni dan warga. (MuriaNewsCom)

MURIANEWS, Jakarta – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 8 provinsi yang mengalami penuaan penduduk. Sebagian besar mereka yang mengalami penuaan justru dari lansia yang hidup dalam kondisi miskin.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengungkapkan, jumlah lansia diprediksi akan terus bertambah setiap tahunnya. Meskipun memiliki jumlah lansia yang tinggi, hal itu juga dibarengi dengan peningkatan harapan hidup dan indeks pembangunan manusia.

Dia mencatat, paling tinggi ada di Daerah istimewa Yogyakarta, yakni 15,52 persen lansia disusul kemudian Jawa Timur 14,53 persen dan Jawa Tengah: 14,17 persen. Selanjutnya Sulawesi Utara sebanyak 12,74 persen, Bali 12,7 persen, Sulawesi Selatan 11,2 persen, Lampung 10,22 persen dan Jawa Barat 10,18 persen.

”Kami masih tetap melakukan upaya-upaya yang mampu mengawasi para lansia di delapan provinsi tersebut agar tercipta lansia tangguh dan berkualitas. Apalagi, mereka ini mayoritas lansia hidup dalam kondisi ekonomi yang miskin,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca: Turunkan Angka Stunting, BKKBN Siapkan Pendampingan

Hasto mengatakan, dari jumlah lansia tersebut yang hidup dengan produktif pada usia lanjut hanya berjumlah 20 persen lansia.

”Produktivitas lansia harus terus dijaga guna mencegah terjadinya ledakan penduduk non-produktif yang menambah beban negara,” ujar Hasto.

Hasto meminta setiap perwakilan BKKBN yang ada di daerah untuk meningkatkan program-program kerja yang dapat menjaga kondisi kesehatan lansia. Hal itu agar menjadi produktif, tangguh, dan mandiri. Selain itu juga agar membuat lansia menjadi bermartabat sekaligus meningkatkan angka harapan hidup manusia.

Baca: 378.238 Keluarga di Jepara Mulai Didata BKKBN, 2.032 Petugas Diterjunkan 

”Provinsi yang saya sebutkan tadi tentu yang sudah cukup populasi lansianya. Kami mohon perhatian dari bapak ibu di provinsi agar Program Bina Keluarga Lansia (BKL)-nya coba ditingkatkan,” kata Hasto.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...