Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Waspada Khilafatul Muslimin, Marwan: Tanamkan 4 Pilar Kebangsaan Sejak Dini

Waspada Khilafatul Muslimin, Marwan: Tanamkan 4 Pilar Kebangsaan Sejak Dini
sosialisasi 4 pilar kebangsaan (Murianews/istimewa)

MURIANEWS, Pati – Masyarakat Indonesia patut waspada dengan ancaman radikalisme yang saat ini kian nyata. Apalagi, mereka yang anti pancasila, seperti Khilafatul Muslimin sudah berusaha untuk menegakkan khilafah di NKRI.

Karena itu, 4 pilar kebangsaan harus ditanamkan kepada masyarakat sejak dini. Masyarakat harus dibentengi dengan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh terkait pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota MPR RI Marwan Jafar saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan secara virtual di Omah Cabe, Kabupaten Pati, Sabtu (18/6/2022) siang. Kegiatan itu menyasar 100-an pemuda di Bumi Minta Tani.

”Semua elemen masyarakat perlu semakin meningkatkan solidaritas kebangsaan untuk menjawab tantangan tersebut. Solidaritas merupakan bagian dari pemahaman atas nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Warwan Jafar.

Baca: Warga Pati Diminta Perkuat 4 Pilar Kebangsaan untuk Hadapi Pemecah Belah Bangsa

Politisi asal Pati ini menjelaskan, penyelesaian persoalan bangsa membutuhkan keterlibatan semua warga negara. Sebab itu, solidaritas yang didasari atas nasionalisme dan patriotisme harus selalu dijaga dan ditingkatkan.

Pada kesempatan itu, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyinggung soal keberadaan Khilafatul Muslimin. Yang mana, diduga sebagai gerakan keagamaan yang gigih melakukan propaganda dan mengampanyekan sistem khilafah di NKRI.

”Mereka diduga ingin mengganti konsep negara Pancasila dan NKRI. Dan kita sebagai masyarakat harus berhati-hati agar tidak mudah terprovokasi oleh kelompok-kelompok semacam itu, karena dapat mengancam keselamatan negara,” tutur dia.

Marwan Jafar juga mengajak semua pihak untuk mewaspadai akan ideologi yang berseberangan dengan konsep NKRI. Terutama soal ekstremisme beragama.

Baca: Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan Bagi Pelajar

”Ideologi ini lah yang perlu kita waspadai. Karena meskipun organisasinya sudah dilarang, tapi ideologinya masih. Itu yang harus diwaspadai bersama,” tandas Marwan.

Dan Marwan Jafar memberikan solusi untuk mencegah faham radikal dan ekstrimisme maka Dasa 4 Pilar Kebangsaan ini bisa diimplementasikan dan diajarkan lebih dini diforum apa saja lebih baik lagi di dunia pendidikan.

 

Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...