Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penguatan Bahasa, Kemendikbudristek Beberkan Tiga Program Ini

Penguatan Bahasa, Kemendikbudristek Beberkan Tiga Program Ini
ilustrasi Bahasa (pixabay.com)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) akan memperkuat bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan. Karena itu, setidaknya ada tiga program unggulan.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) Aminudin Aziz mengatakan, tiga program prioritas tersebut yaitu Literasi Kebahasan dan Kesastraan, Pelindungan Bahasa dan Sastra, dan Internasionalisasi Bahasa Indonesia.

”Ketika kita diberikan atau disajikan teks atau nonteks, lalu kita bisa membacanya secara kritis, kemudian kita menggunakan untuk kecakapan hidup kita, itu adalah literasi,” katanya, dikutip dari Sindonews.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca: Guru Bahasa Indonesia MTs di Kudus Digembleng e-Learning dan Penulisan Opini

“Jadi ketika kita berbicara literasi sesungguhnya berbicara tentang seluruh kepentingan hidup kita,” sambungnya.

Bahasa Indonesia, lanjut Aminudin, merupakan pengayaan dari bahasa daerah dan pengayaan dari bahasa asing. Bahasa asing adalah bahasa yang bisa digunakan dalam pendidikan dan menjadi sumber bagi pengayaan bahasa Indonesia.

Karena itu, terkait bahasa Indonesia akan terus diperjuangkan menjadi bahasa internasional.

Baca: Media Massa Harus Gunakan Kaidah  Bahasa Indonesia yang Benar

”Ini adalah politik baru kita, melalui perencanaan bahasa Indonesia, antara lain perencanaan status, perencanaan korpus, perencanaan pemerolehan, dan perencanaan wibawa/pemartabatan,” jelasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Sindonews.com

Comments
Loading...