Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

CFD Kembali Digelar Lagi di Pati

CFD Kembali Digelar Lagi di Pati
Alun-alun Pati akan digunakan untuk kegiatan CFD, Minggu (19/6/2022) besok. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Kegiatan car free day (CFD) di Kabupaten Pati, Jawa Tengah kembali digelar, Minggu (19/6/2022). Itu setelah Pati kembali masuk di PPKM Level 1 dan tak ada penambahan kasus Covid-19.

CFD kali ini merupakan yang pertama diselenggarakan sejak ditutup selama dua tahun lebih. Sebelumnya, Pemkab Pati memutuskan meniadakan CFD pada Minggu (15/3/2020) karena pandemi Covid-19.

”Besok (Minggu) CFD sudah digelar. Saat ini kasus Covid-19 di Pati nihil. Nanti kalau ada kasus kami (CFD) dievaluasi lagi,” ujar Bupati Pati Haryanto kepada Murianews, Sabtu (18/6/2022).

Baca: Antisipasi Corona, Car Free Day Pati Diliburkan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati Mokhamat Tulus Budiharjo menambahkan, CFD kali ini berbeda dengan sebelumnya. Bedanya, masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan.

”Tetap kegiatan menjaga prokes, jangan terlalu berkerumun. Kita tetap sarankan memakai masker. Meskipun Pak Presiden sudah mebolehkan membuka masker ketika di ruangan terbuka. Kita jaga-jaga,” kata Tulus dihubungi secara terpisah.

CFD nantinya berpusat di Alun-alun Pati dan sepanjang Jalan Sudirman Pati. Adapun durasi CFD dimulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Sejumlah titik menuju lokasi CFD akan ditutup. Titik itu yakni perempatan Gowongsan (selatan Alun-alun Pati), pertigaan di utara Gedung DPRD Pati, dan Perempatan Jago (timur Alun-alun Pati).

Dengan adaya CFD ini diharapkan lingkungan semakin bersih dari polisi kendaraan serta masyarakat semakin sehat dan terhindar dari Covid-19.

Selain itu, diharapkan sektor UMKM semakin bergeliat lantaran lapak-lapak UMKM diperbolehkan buka saat CFD nanti.

”Harapannya bisa membantu memulihkan kondisi ekonomi UMKm yang masih lesu. Kita juga mengampanyekan bergerak tanpa motor. Mengurangi polisi udara,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...