Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

63 Ribu Buruh Rokok di Kudus Bakal Terima BLT DBHCHT

Sejumlah buruh rokok menunjukkan uang BLT yang diterima, beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkop-UKM) telah melakukan verifikasi pada 63.728 buruh rokok di Kabupaten Kudus.

Mereka akan ditetapkan sebagai calon penerima BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Pemberian BLT DBHCHT bagi buruh rokok sudah dua tahun ini dilakukan Pemkab Kudus. Program tersebut merupakan bagian dari program kegiatan pemanfaaatan DBHCHT sebagaimana diamanatkan dalam PMK Nomor 215 Tahun 2021.

Di mana sebanyak 30 persen dalam alokasi DBHCHT itu diperuntukkan bagi kesejahteraan pekerja sektor rokok dan tembakau.

Kepala Disnakerperinkop UKM Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, usai diverifikasi, data penerima diserahkan kepada Dinas Sosial P3AP2KB sebagai penyalur BLT dari DBHCHT.

”Kami melakukan verifikasi kepada 6ribu pabrik rokok yang ada di Kudus. Hasilnya ada sebanyak 63.728 buruh rokok, datanya sudah kami serahkan ke Dinas Sosial,” kata Rini, Sabtu (18/6/2022).

Untuk diketahui, jumlah penerima BLT buruh rokok di Kabupaten Kudus pada tahun 2021 lalu adalah sebanyak 60.129 orang buruh rokok.

Baca: Bupati Kudus Perintahkan BLT Buruh Rokok Segera Dicairkan

Adapun rinciannya adalah sebanyak 38.186 orang menerima BLT buruh rokok melalui Pemkab Kudus, sementara 21.943 buruh rokok sisanya, menerima BLT buruh rokok dari Pemprov Jawa Tengah. Masing-masing buruh, menerima bantuan uang sebesar Rp 600 ribu.

Bupati Kudus HM Hartopo memastikan BLT DBHCHT bagi buruh rokok akan segera cair dalam waktu dekat.

Hartopo menargetkan, BLT untuk buruh rokok ini bisa segera disalurkan pada Juni 2022. ”Mudah-mudahan Juni selesai. Bisa segera disalurkan,” tandas Hartopo.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...