Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Upload Video untuk Status WhatsApp supaya Tidak Pecah

Ini Cara Mudah Upload Video untuk Status WhatsApp supaya Tidak Pecah
Foto: Ilustrasi (Gambar oleh antonbe dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Aplikasi percakapan WhatsApp bisa dimanfaatkan untuk mengirim foto, pesan tulisan dan suara, video call hingga video. Tak heran jika hampir semua pengguna handphone memasang aplikasi ini untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Banyak pengguna juga menggunggah foto dan teks serta video pendek buat status Whatsapp. Meski demikian, saat mengunggah video terkadang gambarnya terlihat kurang jelas atau pecah. Padahal, file aslinya ukurannya besar dan gambarnya juga bagus.

Melansir dari laman Gadgetren.com, kejadian ini sendiri disebabkan oleh WhatsApp telah mengompres hingga sepuluh kali lipat dari video yang kita unggah secara otomatis.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Baru, Bakal Bisa Edit Pesan yang Telah Dikirim

Alternatifnya, kamu bisa melakukan pengompresan video lebih dulu dengan menggunakan aplikasi lain secara manual yang bisa diunduh di Google Play Store.

Untuk membuat video yang diunggah pada status WhatsApp agar tidak pecah, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya berikut.

1. Unduh aplikasi Panda Video Compressor Resizer dari Google Play Store.

2. Setelah selesai terpasang, buka aplikasi untuk mulai melakukan pengompresan video.

3. Pilih video yang ingin dikompres.

4. Ketuk tombol Berikutnya.

5. Kemudian pilih ukuran video yang mudah dibagikan atau Berkas Kecil beresolusi rendah.

6. Ketuk tombol Compress dan tunggu sebentar hingga mencapai 100 persen pengompresan.

7. Setelah selesai, kamu bisa langsung membagikan video dengan mengetuk tombol Bagikan atau menyimpan video beresolusi rendah dengan mengetuk tombol Simpan.

Sebelum diunggah di status WhatsApp, kamu juga bisa mengisi caption pada kolom dan kemudian klik tombol Send berwarna hijau di pojok kiri bawah untuk melakukan pengunggahan video ke Status WhatsApp agar memiliki teks yang sesuai dengan keinginan.

Setelah itu, kamu bisa melihat perbandingannya antara video yang asli langsung diunggah dengan video yang dikompres lebih dulu untuk memastikan kualitasnya. Jangan sampai video yang dikompres sendiri ternyata memiliki kualitas yang lebih buruk. Selamat Mencoba!

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Comments
Loading...