Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ban Bergetar Hingga Terasa di Setir, Apa Sebabnya ya? Ini Penjelasannya

Ban Bergetar Hingga Terasa di Setir, Apa Sebabnya ya? Ini Penjelasannya
Foto: Ilustrasi (Gambar oleh StockSnap dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Ban bergetar hingga terasa di setir sering dialami banyak pengemudi mobil. Biasanya, kondisi ini terasa saat mengemudi dalam kecepatan 80-120 kilometer per jam (kpj).

Bila mengalami kondisi ini sebaiknya perlu waspada. Jangan memaksakan untuk mengemudi dalam kecepatan tinggi.

Ban bergetar hingga terasa di setir bisa jadi merupakan tanda roda mobil harus di balancing. Melansir dari Gridoto, balancing berguna untuk menyelaraskan perbedaan antara berat ban dan velg dengan penambahan timah di velg.

Baca juga: Benarkah Mesin Overheating Penyebab Mobil Terbakar? Ini Jawabannya

Selain itu balancing juga bertujuan mendapat titik teringan dari velg dan terberat dari ban. Balancing teradapat dua, yaitu balancing statis dan finish balancing.

Bedanya balancing statis hanya untuk mencari ketidakseimbangan secara vertikal dan horizontal roda sebelum dipasang di mobil. Metode ini kadang luput menganalisa kesimbangan roda ketika berputar di kecepatan tinggi.

Sementara finish balancing menyeimbangkan roda ketika terpasang di mobil dengan alat semacam roller besi. Ini berfungsi jadi simulator permukaan jalan.

Finish balancing lebih berguna untuk menghilangkan geteran di kecepatan tinggi. Karena semua ketidakseimbangan (vertikal dan horizontal) ketika melaju dapat direduksi.

Biaya balancing umumnya berkisar dari Rp 30 ribu hingga 50 ribu per roda. Sementara finish balancing sekitar Rp 150 ribuan hingga Rp 300 ribuan untuk roda depan.

Saat mobil sudah seimbang, setir terasa nyaman kendati dipacu pada kecepatan 100 kpj ke atas. Disarankan untuk melakukan finish balancing saat baru mengganti ban agar mobil lebih nyaman dikemudikan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...