Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Benarkah Mesin Overheating Penyebab Mobil Terbakar? Ini Jawabannya

Benarkah Mesin Overheating Penyebab Mobil Terbakar? Ini Jawabannya
Foto: ilustrasi mobil terbakar (Gambar oleh Oskars Zvejs dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Peristiwa mobil terbakar saat dipakai berkendara sudah banyak terjadi di berbagai lokasi. Selama ini, mesin overhating atau terlalu panas dianggap sebagai biang utama terjadinya peristiwa itu.

Namun, hal ini ternyata tidak benar 100 persen. Ada hal lainnya yang kebanyakan menjadi penyebab umum mobil terbakar.

Melansir dari Gridoto.com, penyebab yang paling umum dijumpai saat mobil terbakar adalah korsleting pada kabel. Dari kabel korslet ini selanjutnya akan menimbulkan panas dan mulai menjalar ke bagian mobil lain yang mudah terbakar.

Baca juga: Mesin Mobil Cepat Panas saat Tanjakan, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Korsleting kabel dapat menyambar peredam panas kap mesin. Bahkan paling parah langsung menyambar uap bensin yang mudah terbakar.

Kabel korslet pada mobil memiliki penyebab yang berbagai macam. Pertama dapat terjadi karena kabel yang telanjang bersinggungan langsung dengan kabel lain.

Terbukanya kabel bisa dikarenakan mobil yang jarang dipakai dan sering jadi sarang tikus. Saat tikus masuk ke mobil berisiko kabel di dalamnya digigit sehingga terbuka.

Penyebab kedua akibat dari kabel sudah dijumper agar mendapat arus listrik. Namun beban yang diterima justru berlebihan yang menimbulkan korsleting.

Seringkali kabel disambung secara asal sehingga tidak tahu beban listriknya kurang atau berlebih. Yang lebih berbahaya saat listrik sudah berlebih namun kapasitas sekringnya terlalu besar sehingga arus listriknya tidak putus-putus.

Hal tersebut yang sering menyebabkan kabel jadi panas dan mulai terbakar.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...