Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Merawat AC Mobil supaya Tetap Dingin

Ini Cara Mudah Merawat AC Mobil supaya Tetap Dingin
Foto: AC mobil (Gambar oleh Joshua Carr dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Keberadaan AC di dalam mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan utama. Pasalnya, dengan adanya AC ini, situasi berkendara menjadi lebih nyaman, terutama saat kondisi panas dan jalanan macet.

Ada beberapa fungsi pada AC mobil ini. Antara lain, untuk mengontrol temperatur, mengatur kelembaban, mengontrol sirkulasi udara dan menyegarkan udara.

Agar fungsi AC ini tetap normal maka perlu dilakukan perawatan oleh pemilik mobil. Berikut cara merawat AC yang bisa dilakukan sendiri, seperti dikutip dari laman Wuling.id.

Baca juga: Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri

Jaga Kebersihan Kabin

Kabin mobil yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil.

Jangan Buka Kaca dan Merokok saat AC Nyala

Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan dan jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

Bersihkan Kondensor AC

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC. Bersihkan juga kondensor saat Anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

Bersihkan Filter Kabin

Jangan lupa untuk selalu membersihkan filter dan merawat kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala. Dan jangan menunda-nunda.

Servis Berkala

Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan sehingga tidak sampai terjadi kerusakan yang parah.

Pengharum Ruangan

Karena tidak semua pengharum ruangan cocok untuk mobil, maka dari itu disarankan untuk membeli pengharum ruangan yang dikhususkan untuk mobil, jangan sekali-kali menggunakan pengharum ruangan rumah untuk mengharumkan ruangan kabin mobil Anda

RPM Mobil

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga RPM (revolutions per minute) mobil, putaran RPM yang kecil juga akan sangat berpengaruh terhadap perfoma AC mobil Anda.

Meskipun bukan bagian vital dari mesin mobil, AC sangat mempengaruhi kenyamanan Anda berkendara.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wuling.id

Comments
Loading...