Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bawaslu Grobogran Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

Bawaslu Grobogran Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu
Anggota Bawaslu Groboga Sakta Abaway Sakan. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Grobogan membuka pendaftaran pemantau Pemilu. Pembukaan itu dilakukan jelang bergulirnya tahapan Pemilu 2024.

Pandaftaran sudah dibuka hingga tujuh hari menjelang Pemilu 2024. Agenda ini dikhususkan bagi lembaga atau organisasi yang berbadan hukum.

Adapun syarat pendaftaran yakni, berbadan hukum dan terdaftar di pemerintah, bersifat independent, memiliki sumber dana jelas, serta terakreditasi dari Bawaslu.

Baca: Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Patroli Buzzer Medsos

Sementara, syarat administrasi yakni menunjukan salinan akta pendirian, anggaran dasar/anggaran rumah tangga, rencana dan jadwal pemantau pada tahapan pemilu, hingga surat pernyataan mengenai independensi lembaga pemantau pemilu.

Anggota Bawaslu Kabupaten Grobogan Sakta Abaway Sakan mengatakan, meski sudah dibuka jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan, namun biasanya lembaga pemantau baru mendaftar di waktu yang mendekati penutupan.

”Memang sudah dibuka jauh-jauh hari. Tapi biasanya mereka mendaftar mendekati pelaksanaan Pemilu,” terang Sakta yang juga mantan Komisioner KPU Grobogan, Jumat (17/6/2022).

Untuk diketahui, secara serentak nasional, tahapan pemilu 2024 dimulai per 14 Juni 2022 lalu. Pemungutan suara pada Pemilu 2024 akan dilakukan pada 14 Februari 2024.

Pemilu 2024 akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi dan kabupaten. Ketentuan tersebut berdasar Keputusan KPU Nomor 21 Tahun 2022.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...