Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Soal Dana Sumbangan Kelulusan Siswa, Ini Penjelasan Pihak MTsN 2 Kudus

Soal Dana Sumbangan Kelulusan Siswa, Ini Penjelasan Pihak MTsN 2 Kudus
Foto: Gedung Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kudus. (Murianews/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kudus, Jawa Tengah MTSN 2 Kudus, Jawa Tengah mengaku tidak pernah memaksa wali murid soal sumbangan uang kelulusan.  Menurut pihak sekolah, sumbangan itu bersifat sukarela.

Sebelumnya di media sosial sempat ada kabar soal aduan dari pihak keluarga siswa perihal ijazah yang ditahan. Penahanan itu dikarenakan pihak keluarga siswa belum membayar uang sumbangan kelulusan sebesar Rp 200 ribu.

Namun, kabar tersebut dibantah oleh Khamdi, Kepala Sekolah MTsN 2 Kudus. Pihaknya hingga saat ini memang belum mendapatkan ijazah dari Kementerian Agama.

Baca juga: MTsN 2 Kudus Bantah Soal Penahanan Ijazah Siswa

Termasuk soal sumbangan kelulusan sebesar Rp 200 ribu, pihaknya mengaku tidak melakukan pemaksaan. Karena sumbangan itu sifatnya sukarela.

Menurutnya, iuran sumbangan kelulusan setiap tahunnya memang ada, untuk pembangunan sekolah. Tahun ini juga rencananya untuk beli Smart TV sebagai media pembelajaran digital.

”Besarannya Rp 200 ribu dan tidak pernah naik. Tetapi itu sifatnya sukarela. Kami tidak pernah memaksa, apalagi menahan ijazah karena belum bayar uang sumbangan, itu tidak benar,” tegasnya, Jumat (17/6/2022).

Lebih lanjut, Khamdi menjelaskan, pihaknya selalu mempertimbangkan kemampuan tiap-tiap wali murid terkait uang sumbangan. Untuk wali murid yang tidak mampu maka tidak pernah dipaksa untuk iuran.

”Sumbangan tersebut ide komite. Memang peruntukannya untuk pembangunan sekolah. Tetapi sifatnya tidak mengekang atau memaksa,” katanya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...