Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

TPS Pasar Sido Makmur Blora Dilengkapi Bak Kontainer Sampah Terpilah

TPS Pasar Sido Makmur Blora Dilengkapi Bak Kontainer Sampah Terpilah
Warga membuang sampah di bak kontainer sampah terpilah Pasar Sido Makmur Blora. (Murianews/Kontributor Blora)

MURAINEWS, Blora – Tempat Penampungan Sampah (TPS) Pasar Sido Makmur Blora kini dilengkapi bak kontainer sampah terpilah. Penempatan bak container sampah itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah.

“Bak kontainer sampah terpilah ini merupakan sebuah inovasi untuk memudahkan pengelolaannya sampah di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora,” kata Kepala DLH Blora Istadi Rusmanto, jumat (17/06/2022).

TPS Pasar Sido Makmur dipilih karena pengelolaan sampah pasar induk itu mencapai 24 meter kubik perharinya.

Baca: Buka Sampai Pukul 10.00, Pasar Sido Makmur Blora Langsung Disterilisasi

Dengan adanya bak kontainer sampah terpilah, warga bisa memilah sampah untuk dibuang ke bak tersebut. Dalam satu bak kontainer itu terdapat tempat untuk sampah organik dan non-organik.

Untuk membedakannya, bak untuk sampah organik diwarnai hijau dan untuk sampah non-organik diwarnai kuning.

“Ini menjadi pilot project DLH. Jadi untuk pengelolaan sampah kita benahi dulu dari hulu. Kita lakukan pemilahan sejak dari pasar. Sehingga nantinya bisa langsung dikelola di TPA,” kata Istadi.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada zona sampah organik dan non-organik di TPA Temurejo Blora. Pemilahan tersebut diharapkan menjadi solusi yang memudahkan pengelola sampah.

”Di TPA sudah ada pengolahan. Yang organik dijadikan pupuk kompos, disebut superponik. Sedangkan plastik juga bisa diolah dan didaur ulang lagi menjadi bahan yang ekonomis,” jelas Istadi.

Istadi berharap dengan diluncurkanya bak sampah terpilah itu membuat Blora terbebas dari sampah. Diharapkan juga masyarakat bisa mengurangi sampah di TPA.

Bak kontainer sampah terpilah itu nantinya juga akan ditempatkan di beberapa titik. Selain di Pasar Sido Makmur, bak kontainer sampah serupa juga ditempatkan di RSUD Blora, Keluarahan Jetis, dan sebuah pondok pesantren.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...