Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tahapan Pemilu Dimulai, Dua Partai Baru Koordinasi ke KPU Pati

Tahapan Pemilu Dimulai, Dua Partai Baru Koordinasi ke KPU Pati
Kantor KPU Pati. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai beberapa hari lalu. Beberapa partai baru pun bersiap diri, termasuk kepengurusannya di Kabupaten Pati.

Ada dua partai baru, yakni Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia dan Partai Ummat. Perwakilan dua partai itu mendatangi KPU Pati untuk berkoordinasi.

”Sudah ada dua partai baru yang sudah berkomunikasi dengan kami. Mereka yakni Partai Gelora dan Partai Ummat,” ujar Komisioner Divisi Perencanaan dan Informasi KPU Pati Khoirun Nikmah.

Baca: PWI dan KPU Pati Iuran Bantu Obat-obatan untuk Korban Banjir

Namun, Nikmah belum mau berkomentar banyak terkait kedatangan dua partai baru itu. Menurutnya, tahapan-tahapan Pemilu 2024 masih panjang.

”Karena perlu ada tahapan-tahapannya. Harus ada verifikasi partai politik itu sudah memenuhi persyaratan atau belum. Itu belum bisa kami sampaikan, karena proses itu baru akan dimulai awal Agustus nanti untuk pendaftaran partai politik,” kata dia.

Nikmah menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi partai politik untuk mengikuti Pemilu 2024. Salah satunya mempunyai anggota atau kepengurusan di kabupaten atau kota minimal 75 persen dan 50 persen di tingkat kecamatan.

Ia mengatakan dalam pendirian partai politik baru tertuang dalam peraturan yang ada. Peraturan tersebut yakni Undang-Undang Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik.

”Jadi untuk saat ini kami belum bisa menyampaikan partai mana saja yang akan ikut. Karena tahapan awal pendaftaran partai itu awal Agustus,” ucapnya.

Diketahui, tahapan-tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai sejak 14 Juni lalu. Ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan, Jadwal dan Program Pemilu 2024.

Ada tujuh tahapan dalam Pemilu 2024. Yakni mulai, pendaftaran dan verifikasi, penetapan peserta Pemilu pada 14 Desember 2022 mendatang, pencalonan anggota DPD pada 6 Desember 2022 hingga 25 November 2023.

Lalu, pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota pada 24 April 2023-25 November 2023, pencalonan presiden dan wakil presiden pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Kemudahan kampanye selama 75 hari mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 dan pemungutan suara Pemilu 2024 diselenggarakan pada 14 Februari 2024.

”Untuk saat ini partai politik mulai mempersiapkan diri agar bisa menjadi peserta Pemilu 2024,” tandas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...