Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tidak Hanya Negeri, SMP Swasta di Kudus Juga Buka PPDB Online

Tidak Hanya Negeri, SMP Swasta di Kudus Juga Buka PPDB Online
Peserta didik dan orang tuanya melihat papan pengumuman kelulusan di SMP 2 Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri maupun swasta di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan segera dimulai. Sesuai jadwal yang telah disusun, pendaftaran PPDB akan dibuka pada 20-25 Juni mendatang.

Karena itu, para peserta didik yang hendak mengikuti PPDB online, segera untuk menyiapkan berkas yang diperlukan. Kemudian untuk pendaftaran, peserta didik bisa mengakses laman yang sudah disediakan melalui link berikut, http://kudus.siap-ppdb.com/

Selain SMP Negeri, sejumlah SMP swasta juga ikut bergabung dalam PPDB online itu. Seperti, SMP Muhammadiyah 1 Kudus, SMP Muhammadiyah 2 Kudus, SMP PGRI Jati Kudus dan SMP IT Assaidiyyah.

Kepala Disdikpoa Kudus Harjuna Widada mengatakan, secara keseluruhan PPDB tahun ini, prinsipnya sama dengan tahun kemarin. Di mana terdapat beberapa jalur, seperti jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afimasi, dan jalur perpindahan orang tua.

Baca: SMP 2 Undaan Kudus Fasilitasi Calon Siswa Kesulitan Daftar PPDB Online

”Tidak beda jauh dari tahun kemarin. Jalur zonasi paling sedikit 50 persen, jalur afirmasi sedikit 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua paling banyak 5 persen dan jalur prestasi paling banyak 30 persen,” katanya, Jumat (17/6/2022).

Pihaknya menjelaskan, SMP di Kudus dinilai sudah siap untuk menjalankan PPDB online. Apalagi pihak dinas telah bekerjasama dengan provider internet.

Baca: Catat Tanggalnya! PPDB SD-SMP Negeri di Kudus Segera Dimulai

Meski demikian, pihaknya meminta masing-masing sekolah untuk menyediakan posko layanan PPDB yang bisa digunakan untuk membantu calon siswa yang kesulitan dalam pendaftaran.

”Masalah jaringan insyaallah aman. Jika ada kesulitan bisa dibantu di sekolahan yang dituju, disana ada operator dan unit komputer. Bisa juga dibantu di dinas pendidikan,” ujarnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...