Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dari Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Tak Ada Perbedaan Waktu di Bangkok dan Jakarta, Cuma Tanda Alamnya Beda

Suasana pagi hari sekitar jam 07.00 Waktu Bangkok, relatif masih redup jika dibandingkan suasana di kota Kudus pada jam yang sama. (Murianews/Budi erje)

MURIANEWS, Bangkok – Thailand dengan ibu kota negaranya di Bangkok, merupakan salah satu negara Asia Tenggara, tetangga Indonesia. Secara geografis, Thailand dan Indonesia memiliki kesamaan. Namun Thailand lebih berupa dataran rendah yang luas, tanpa ada penggunungan tinggi seperti Indonesia.

Dari sisi budaya tidak ada banyak perbedaan dengan Indonesia. Cuaca alamnya juga demikian pula. Thailand juga memiliki iklim tropis dengan musim kemarau dan hujan bergantian sepanjang tahun. Sebagian masyarakat Thailand juga merupakan kelompok petani yang piawai mengelola pertanian.

Baca: Delapan Pemain PTM Sukun Turun di Semua Nomor Kejuaraan di Bangkok

Bahkan dunia pertanian di Thailand dewasa ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Berbagai hasil pertanian di Thailand dikenal di berbagai penjuru dunia. Mulai dari tanaman padi, hingga buah-buahan.

Hal lain yang menjadi kesamaan Thailand dan Indonesia adalah zona waktu yang berlaku bagi ibukota negaranya. Baik Bangkok yang merupakan ibukota Thailand maupun Jakarta yang ibukota Indonesia, berada di zona waktu yang sama.

Sehingga tidak ada perbedaan waktu antara Bangkok dan Jakarta, yang menggunakan zona Waktu Indonesia Bagian Barat. Jika di Bangkok jam 07.00 pagi, maka di Jakarta juga sama jam 07.00 pagi WIB.

Meski demikian, ada sedikit yang berbeda terkait hal ini. Itu terjadi pada tanda alam yang berlaku di dua kota besar di dua negara berbeda ini. Jika di Jakarta pada jam 18.00 WIB ditandai dengan tanda alam berupa suasana temaram menuju gelap, maka tidak demikian yang terjadi di Bangkok.

Pada jam 18.00 WIB di Bangkok suasana yang terjadi masih relatif cukup terang, mirip pada suasana saat di Jakarta atau di Kudus di jam 17.00 WIB. Suasana seperti menjelang magrib, baru terjadi pada pukul 18.30 WIB di Bangkok, Thailand.

Baca: Melongok ‘Canggihnya’ Toilet Island Hall, di Fashion Island Bangkok Thailand

Tidak mengherankan juga, jika akhirnya layanan sarapan Hotel di Bangkok, dibatasi hingga jam 11.00 waktu Bangkok. Sedangkan suasana di pagi hari di Bangkok, juga berkebalikan dengan situasi di Kudus. Bangkok pada jam 07.00 WIB relative masih diliputi kegelapan seperti suasana di Kudus pada jam 06.00 WIB.

Begitulah, meski sama-sama berada di zona waktu yang sama, Bangkok dan Jakarta, memiliki tanda alam yang berbeda. Mungkin ini karena Bangkok berada di sisi agak sebelah Selatan dari garis ekuator bumi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...