Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jokowi Ajak Jerman Bangun Pabrik Cip di Indonesia

Jokowi Ajak Jerman Bangun Pabrik Cip di Indonesia
Presiden Jerman saat memberikan sambutan dalam kunjungan kenegaraan di indonesia (tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak investor jerman untuk membangun industri dengan teknologi tinggi di Indonesia.

Jokowi mencontohkan, pabrik itu bisa berupa pembuatan cip semikonduktor untuk mendukung rantai pasok kendaraan bermotor.

Orang nomor satu di Indonesia itu menilai, sejauh ini pabrik pembuatan cip tersebut hanya dikuasai oleh beberapa negara. Sehingga pasokan untuk cip secara global masih tergantung pada beberapa negara.

Yang dikhawatirkan, apabila terjadi krisis seperti dua tahun belakangan, tentu dampaknya akan sangat besar.

Baca: Jokowi Sambut Kunjungan Presiden Republik Federal Jerman

”Saya mengajak industri Jerman untuk mengembangkan pabrik semikonduktor di Indonesia,”kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, Kamis (16/6/2022).

Ia berharap, pabrik dimaksud nantinya menjadi bagian dari rantai pasok global. Mengingat, pasar di wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia sangatlah besar pada sektor otomotif.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menawarkan investasi di sektor industri hijau kepada Jerman khususnya kendaraan bermotor listrik.

”Saya sampaikan kembali tawaran kepada Jerman untuk membangun Jerman Industrial Quarter di salah satu kawasan industri Indonesia,” ujar dia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Comments
Loading...