Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Memilih Mobil Bekas sebelum Memutuskan untuk Membelinya, Cek dengan Teliti

Tips Memilih Mobil Bekas sebelum Memutuskan untuk Membelinya, Cek dengan Teliti
Foto: Ilustrasi beli mobil bekas (Gambar oleh Tumisu dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Membeli mobil bekas sejauh ini masih diminati banyak orang. Alasannya berbagai macam, mulai dana yang dimiliki atau memang sangat minat dengan jenis mobil tersebut.

Meski demikian, banyak juga orang yang bingung ketika ingin membeli mobil bekas. Terutama untuk menentukan apakah mobil yang ditawarkan itu kondisinya masih bagus atau tidak.

Nah, supaya tidak salah beli, berikut ada tips membeli mobil bekas, seperti dikutip dari laman Wuling.id. Perhatikan hal-hal ini:

Baca juga: Ini Rekomendasi Buat yang Mau Beli Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Jarak Tempuh Kilometer

1. Periksa pencapaian kilometer pada meter dashboard kemudian lihat juga tahun dan bulan pembelian mobilnya, kemudian asumsi rata rata pemakaian setiap hari mobil berjalan (100 kilometer) langsung bisa menaksir yang tertera di meternya masih asli atau sudah diubah.Kalau mendapat informasi rajin service di bengkel resmi malah lebih mudah mendapat data KM terakhirnya.

2. Kalau ada gantungan penggantian oli mesin coba periksa KM terakhir penggantian oli mesin.

Memeriksa Bagian Mesin

1. Periksa ruang mesin bagian atas dan bawah dalam kondisi bersih atau banyak debu & kebocoran oli.

2. Periksa jumlah oli mesin dan kualitas oli mesinnya dengan merasakan kelengketan dan baunya.

3. Kemudian mesin dihidupkan dan dengarkan saat hidup pertama apakah ada suara suara yang abnormal (Idling)

4. Naikkan rpm sampai 3.000 kemudian dengarkan kembali apakah ada suara yang abnormal

5. Gas mesin dengan tiba tiba sampai 5.000 rpm sesaat dan lepas kembali ke posisi idle periksa pada gas buang knalpot apakah ada warna putih atau bersih gas buangnya , dengarkan juga bunyi pada mesinnya. Kalau gas buang berwarna putih dan ada bunyi abnormal pada mesin indikasi sudah terjadi keausan atau kebocoran oli mesinnya (mesin kurang baik kondisinya).

Lakukan Test Drive

1. Apakah mesin ada bunyi bunyi yang abnormal (ngelitik) berarti ruang bakarnya sudah kotor banyak kerak perlu tambahan biaya perawatan mesin.

2. Tenaga mesin terasa berat. Saat test jalan ini juga bisa dirasakan masuk gigi perpindahannya mudah atau sulit masuk (1,2,3,4-5/R) Manual atau Matic.

Yang Dilakukan Setelah Test Drive

1. Jangan menyalakan audio dll saat melakukan test drive, supaya Anda dapat merasakan kondisi mobil.

2. Rasakan saat mulai jalan dari 0-15km/jam apakah ada hal-hal atau suara yang tidak normal.

3. Rasakan saat kecepatan 50-120km/jam biasanya akan terdengar suara (ban, bearing roda, gardan, transmisi) apabila kondisi kurang bagus akan timbul bunyi.

4. Saat kecepatan 120 km/jam di jalan tol rasakan juga apakah mobil dalam kondisi limbung atau mengayun ayun dengan keras, bila terasa maka aka nada tambahan biaya perbaikan shock absorber atau ban.

5. Pilih kondisi jalan bervariasi antara aspal, beton, con block dan jalan berlubang sambil mendengarkan apakah ada bunyi bagan bawah untuk memastikan bagian kaki-kakinya dalam kondisi baik.

Asal-Usul yang Jelas

1. Pastikan surat surat BPKB & STNK asli sesuai antara nomer mesin dan chasisnya

2. Cari mobil bekas yang jelas asal-usul histori perbaikannya

3. Cari mobil bekas yang mulus atau asli dan bodi tidak bekas tubrukan, terendam banjir, atau karatan karena biaya perbaikan bodi lebih mahal daripada komponen mobil lainnya

4. Cari tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya

5. Cari referensi teman atau saudara yang sumbernya jelas

Kesalahan yang Harus Dihindari

1. Tidak Mempelajari Rriwayat Mobil

Tampilan fisik mulai dari cat hingga keaslian bodi penting diperhatikan. Namun, hal yang jauh lebih penting untuk dicermati adalah riwayat mesin. Pastikan bahwa pemilik lama mobil itu rajin merawat mulai dari ganti oli, filter, hingga mengganti komponen yang rusak.

2. Test Drive Sekadarnya

Kerusakan atau ketidakberesan mesin mobil belum akan terasa saat mobil dijalankan beberapa ratus meter. Permasalahan di mesin atau komponen lain, baru akan terlihat saat mobil menempuh beberapa puluh kilometer. Itulah mengapa test drive maksimal begitu penting.

3. Menuruti Emosi Sesaat

Pembeli sering kali hanya menuruti emosi sesaat. Mereka umumnya langsung menjatuhkan pilihan dan menyatakan oke saat tampilan mobil yang diincarnya bagus, dan sekilas kondisi mesinnya tidak bermasalah.

4. Tidak Memikirkan Biaya Perawatan

Membeli mobil bekas terkadang tak ubahnya membeli persoalan orang lain. Apalagi jika mobil yang Anda beli sudah berusia di atas 5 tahun.

Supaya tidak salah menjatuhkan pilihan, selain melakukan tips membeli mobil bekas yang dipaparkan di atas, sebaiknya ajaklah orang yang memahami seluk beluk mesin mobil, sehingga mobil yang dipilih berkualitas meskipun mobil bekas.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wuling.id

Comments
Loading...