Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Parpol di Kudus Mulai Ajukan Pencairan Banpol 2022

Ilustrasi. (Murianews/ Cholis Anwar)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak tiga partai politik (parpol) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mulai mengajukan pencairan dana bantuan politik (banpol) dari pemerintah. Di Kudus sendiri ada sepuluh parpol yang berhak menerima bantuan itu.

Ketiga parpol tersebut yakni Partai Nasdem, PDI Perjuangan, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

”Kalau pekan ini dirasa belum ada lagi yang mengajukan pencairan banpolnya, maka akan kami proses dahulu, akan kami verifikasi dengan melibatkan KPU Kudus,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus Harso Widodo, Kamis (16/6/2022).

Dia menyebut, pihak Kesbangpol telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada semua parpol penerima banpol di Kudus untuk segera mencairkan dananya. Mengingat sebelum ini, banyak parpol mendesak dananya untuk cepat dicairkan.

”Saat itu masih diaudit dari BPK, nah sekarang auditnya sudah rampung dan tidak ada masalah jadi sudah boleh dicairkan,” ujarnya.

Adapun proses pencairannya, tambah Harso dilakukan sebanyak dua kali. Pada tahap pertama, akan dicairkan sebesar Rp 2.550 per suara yang didapat parpol dari pemilu. Anggarannya diambil dari APBD murni.

Baca: Jadi Naik, Ini Rincian Dana Banpol yang Bakal Diterima Parpol Kudus

Sedangkan pencairan tahap kedua sesuai tambahan yang disepakti adalah sebesar Rp 2.450 per suara yang akan dianggarkan pada Perubahan APBD 2022.

Pada tahun 2021 lalu Pemkab Kudus mengucurkan anggaran Rp 1,2 milar untuk dana bantuan politik sepuluh partai politik peraih kursi di DPRD Kudus. Bantuan tersebut, bersifat hibah.

Dengan rincian pembagian, PDIP sebesar Rp 219,47 juta, PKB sebesar Rp 193,19 juta, Partai Gerindra sebesar Rp 181,68 juta, Partai Golkar sebesar Rp 159,53 juta, Partai Nasdem sebesar Rp 87,38 juta, dan PAN sebesar Rp 76,87 juta.

Kemudian PKS mendapat bantuan sebesar Rp 88,1 juta, PPP sebesar Rp 73,89 juta, dan Partai Hanura mendapatkan bantuan Rp 70,22 juta dan Partai Demokrat menerima bantuan sebesar Rp 51,26 juta.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...