Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sempat Diganggu Peretas, Pembangunan IBS RSUD Kudus Kembali Dilelang

RSUD Loekmono Hadi Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, kembali membuka lelang proyek pembangunan gedung Instalasi Bedah Sentral (IBS) di tahun 2022 ini. Sebelumnya rencana pembangunan IBS gagal lelang, lantaran diganggu peretas.

Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan kali ini pun lebih besar, yakni sebesar Rp 60 miliar. Dana itu diambilkan dari dana Badan layanan umum daerah (BLUD).

Gedung IBS sendiri, sebelumnya sudah direncanakan dibangun pada tahun 2021 dengan anggaran dari APBD senilai Rp 29 miliar.

Hanya saja, dalam perjalanannya, proses lelang mengalami peretasan hingga dinyatakan mengalami gagal lelang.

”Saat ini sudah kami ajukan proses lelang lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kudus. Semoga tahun ini tidak ada kendala dan prosesnya bisa lancar hingga pembangunan,” kata Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus dr Abdul Aziz Achyar, Kamis (16/6/2022).

Baca: Diduga Diretas, Lelang Pembangunan Gedung IBS RSUD Kudus Senilai Rp 29 Miliar Dibatalkan

Aziz pun mengakui jika anggaran pada tahun ini lebih besar dibanding tahun kemarin. Hal itu dikarenakan dalam anggaran itu, ada alokasi anggaran untuk manajemen konstruksi (MK) sebesar Rp 1,5 miliar.

”Walau anggarannya lumayan besar, tapi arus kas masih tetap aman dan tidak terpengaruh,” ujarnya.

Aziz berharap, dengan dibangunnya gedung IBS, pelayanan kepada pasien bisa lebih maksimal. Mengingat sarana dan prasarana yang memadai akan menunjang pelayanan kesehatan.

”Instalasi bedah sentral milik RSUD Loekmono Hadi yang ada saat ini dinilai sudah tidak representatif lagi dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...