Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Guru Madrasah Non PNS Bakal Dapat Tunjangan Rp 1,5 Juta Bulan Ini

Guru Madrasah Non PNS Bakal Dapat Tunjangan Rp 1,5 Juta Bulan Ini
Ilustrasi Guru mengajar (Murianews)

MURIANEWS, Jakarta – Kabar gembira bagi guru madrasah bukan Pegawai Negeri Sipil (non PNS) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Pada akhir bulan ini, mereka akan mendapatkan tunjangan insentif sebesar Rp 1,5 juta per guru.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tunjangan guru tersebut akan diberikan untuk enam bulan. Sementara per bulan mereka mendapatkan Rp 250 ribu dipotong pajak sesuai dengan ketentuan.

Namun, dalam pencairannya akan dirapel, sehingga masing-masing guru akan mendapatkan Rp 1,5 juta.

Sedangkan untuk mekanisme pencairannya, uang tunjangan tersebut akan langsung masuk ke rekening masing-masing guru yang sudah terdaftar di Kemenag.

”Saya minta akhir Juni 2022, dana ini sudah bisa masuk ke rekening guru madrasah bukan PNS penerima insentif,” ujar Yaqut, dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/7/2022).

Baca: Kabar Gembira, Tunjangan Guru Madrasah Non PNS Cair Akhir Bulan Ini 

Yaqut berharap bahwa dengan adanya tunjangan tersebut, setidaknya dapat memotivasi guru madrasah bukan PNS untuk lebih meningkatkan kinerja. Selain itu mereka juga dapat meningkatkan mutu dan layanan pendidikan.

”Jasa mereka sangat besar dalam peningkatan kualitas proses belajar-mengajar dan prestasi peserta didik di madrasah pada semua level,” ucap Yaqut.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menambahkan, insentif akan diberikan kepada guru yang memenuhi kriteria. Total kuota yang ada, telah dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah guru setiap provinsi.

”Tunjangan insentif bagi guru bukan PNS pada RA/Madrasah disalurkan kepada guru yang berhak menerimanya secara langsung ke rekening guru yang bersangkutan,” ujarnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...