Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 16 Juni: Ford Motor Company Didirikan oleh Henry Ford di Tahun 1903

Catatan Sejarah Tanggal 16 Juni: Ford Motor Company Didirikan oleh Henry Ford di Tahun 1903
Foto: Logo Ford (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 16 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 16 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

632

Yazdegerd III naik takhta menjadi raja di Persia sekaligus menjadi penguasa terakhir dari Dinasti Sassaniyah. Yazdegerd III dinobatkan sebagai raja Persia di usianya yang masih sangat belia, yakni delapan tahun.

1746

Pertempuran yang melibatkan pasukan Austria dan Sardinia melawan Prancis dan Spanyol meletus di Piacenza. Salah satu pertempuran pada masa Perang Suksesi Austria itu berhasil dimenangi pasukan Austria dan Sardinia.

Baca juga: Ini Sejarah Candi Borobudur yang Ditetapkan UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia

1884

Untuk kali pertama, wahana permainan berupa roller coaster dibuka di Amerika Serikat (AS). Roller coaster itu dirancang oleh La Marcus Adna Thompson dan diberi nama Switchback Railway. Switchback Railway dipasang di taman bermain Coney Island, New York.

1897

Perjanjian yang menyatakan Republik Hawaii menjadi milik Amerika Serikat (AS) ditandatangani. Dari perjanjian itu, Republik Hawaii secara resmi menjadi milik AS dan tak lagi menjadi negara merdeka. Meski demikian, pemerintahan Republik Hawai baru dibubarkan setahun kemudian.

1902

Perang Belasting meletus di Kamang, Sumatra Barat melibatkan rakyat Kamang dan tentara Belanda. Perang tersebut dipicu penolakan warga Kamang untuk membayar pajak kepada pemerintah Hindia-Belanda.

1903

Ford Motor Company adalah sebuah produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford di Dearborn, dekat Detroit, Michigan. Perusahaan ini didirikan pada 16 Juni 1903. Perusahaan ini menjual mobil dan kendaraan komersial dengan merek Ford dan mobil mewah dengan merek Lincoln.

1940

Sistem pemerintahan yang menganut komunisme diterapkan di Lituania. Hal itu tak lepas dari pengaruh Uni Soviet yang berhasil menguasai Lituania.

1944

Seorang bocah berkulit hitam George Stinney dieksekusi mati di Alcolu, South Carolina, Amerika Serikat (AS) pada usia 14 tahun. Ia menjadi orang termuda yang dieksekusi mati di AS di abad ke-20. Stinney dituduh telah bersalah dalam pembunuhan dua pemuda berkulit putih.

1958

Pemimpin kelompok pemberontakan terhadap pemerintahan Uni Soviet di Hungaria, Imre Nagy, dihukum gantung setelah tertangkap pihak Uni Soviet. Uni Soviet juga kembali menguasai Hungaria dengan mengirim 200.000 tentara dan 2.500 tank.

1973

Yuni Kartika lahir 16 Juni 1973 adalah pemain bulu tangkis Indonesia era 1990-an. Ia merupakan atlet hasil binaan PB Djarum dan bersama tim menjuarai Piala Uber 1994. Setelah berhenti jadi pemain bulu tangkis, ia menjadi presenter olahraga di sebuah stasiun televisi.

1999

Ketegangan antara pasukan Pakistan dan pasukan India di wilayah Kashmir kembali meletus. Bahkan tembakan artileri lebih intensif dibandingkan sebelumnya. Hal ini mengakibatkan rakyat sipil di Kashmir yang mengungsi makin banyak.

2000

Israel mulai menarik pasukannya dari seluruh wilayah Lebanon yang diduduki sejak 1985. Namun demikian, Israel masih belum menarik pasukannya dari Ladang Shebaa yang masih diduduki hingga kini.

2001

Abu Bakar Ba’asyir dijatuhi hukuman penjara 15 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 16 Juni 2001, setelah dinyatakan terlibat dalam pendanaan latihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia.

2012

RRC meluncurkan pesawat luar angkasa Shenzhou 9, yang membawa tiga astronaut yakni Jing Haipeng, Liu Wang, dan Liu Yang pada 16 Juni. Ketiga astronaut berhasil merapat pada modul ruang angkasa Tiangong 1.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...