Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Fajar yang Viral Kirim Surat ke Ganjar Tak Ikut Wisuda SMKN Jateng, Ternyata…

Fajar Saka Surya berfoto di lokasi kerjanya di Kalimantan. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – SMKN Jateng, Kamis (16/6/2022) mewisuda 263 siswa yang lulus tahun ini. Satu di antaranya adalah Fajar Saka Surya, siswa dari Petarukan, Pemalang yang viral dengan suratnya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun hari ini Fajar tak terlihat di barisan siswa yang diwisuda di SMKN Jateng di kampus Semarang.

Ternyata, ia telah diterima bekerja di PT Buma di Kalimantan, kontraktor pertambangan batubara terbesar kedua di Indonesia. Kehadirannya dalam penyematan kelulusan diwakilkan oleh ibunya, Darini.

Saat dihubungi via telpon selulernya, Fajar mengatakan bersyukur bahwa dirinya telah diterima bekerja di PT Buma Kalimantan Timur.

Alhamdulillah saya susah diterima bekerja di PT Buma Kalimantan Timur. Saya sampaikan terimakasih kepada Pak Gubernur Ganjar dan Pemprov yang telah memberi fasilitas pendidikan untuk saya,” ujarnya.

Baca: Surat Fajar ke Ganjar Viral, Kisah Siswa Miskin di SMKN Jateng yang Bertekat Naikkan Haji Ibunya

Menurutnya, SMKN Jateng merupakan jalan bagi anak-anak yang kurang beruntung untuk tetap mendapatkan kesempatan pendidikan.

Kesannya selama menjadi siswa di SMKN Jateng, Fajar banyak sekali mendapatkan pendidikan karakter. Hal itu sangat membantu dirinya dalam menghadapi dunia kerja.

Sementara, Darini mengaku terharu dan bahagia bahwa anak ke tiganya itu telah menuntaskan pendidikan di tingkat menengah kejuruan. Bahkan, saat ini telah diterima bekerja di perusahaan.

SMKN Jateng, baginya, mampu mewujudkan harapannya sebagai seorang ibu. Sebab, selama ini ia sendiri menghidupi keluarga, setelah suaminya meninggal dunia saat Fajar masih duduk di bangku SD.

”Di sini gratis, kalau tidak gratis mungkin saya tidak bisa (menyekolahkan, red). Suami sudah meninggal sejak Fajar masih SD,” ungkapnya.

Baca: Ini Dia Fajar, Siswa SMKN Jateng yang Suratnya ke Ganjar Viral

Sebelumnya Fajar sempat viral karena mengirimkan surat ke Ganjar Pranowo. Dalam surat itu ia menyampaikan ucapan terimakasih ibunya karena bisa diterima si SMKN Jateng secara gratis.

Ia juga bertekat untuk memberangkatkan ibunya ibadah haji di Tanah Suci.

Surat itu dibacakan Ganjar saat memimpin upacara Hari Jadi Jateng ke-69 di Lapangan Pancasila (Simpanglima), Kamis (15/8/2019). Tak cukup membacakan surat, Fajar yang menjadi peserta upacara pun dipanggil ke atas mimbar.

Di luar dugaan, Ganjar memilih menghentikan sambutannya dan meminta Fajar untuk menjadi inspektur upacara.

Wes kana, gantekke aku dadi inspektur upacara ya. Terserah arep nganggo basa Inggris, Indonesia, apa Jawa (Ayo sana gantikkan saya menjadi inspektur upacara ya, terserah kamu mau pakai bahasa Inggris, Indonesia, atau Jawa),” pinta Ganjar kepada Fajar saat itu.

Diketahui,  SMKN Jateng hari ini mewisuda sebanyak 263 siswa yang telah dinyatakan lulus. Sekitar 80 persen sudah terserap menjadi tenaga kerja di perusahaan-perusahaan, dan lainnya melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Wisuda angkatan VI tersebut dilakukan di masing-masing sekolah. Yakni di kampus SMKN Jateng di Semarang ada 119 siswa, 48 siswa di kampus SMKN Jateng Pati, dan 96 siswa di kampus SMKN Jateng Purbalingga.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...