Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ratusan Hektare Lahan Patiayam Bakal Dihijaukan

Aktivitas pertanian di kawasan Patiayam yang gersang. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus — Kawasan Patiayam bakal dilakukan penghijauan. Pelaksanaanya di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada November 2022 ini.

Luas lahan yang akan dilakukan penghijauan sekitar 350 hektare.

”Rencana tahun ini ada penanaman pohon dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation di bulan November. Luasan lahan yang dilakukan penghijauan ada 350 hektare,” kata Kepala Desa Terban, Supeno, Kamis (16/6/2022).

Supeno melanjutkan, tanaman yang akan ditanam yakni alpukat, mangga, dan petai. Pemilihan tanaman buah-buahan tersebut dipilih karena memiliki manfaat untuk diambil buahnya.

”Buah-buahan tersebut pertumbuhannya bagus di kawasan Patiayam. Saya ambil contoh untuk satu pohon petai dari pengalaman yang sudah-sudah ketika berbuah itu buahnya bisa dijual sampai Rp 2 juta,” ujarnya.

Baca: Kamping di Patiayam Sukobubuk Pati Bisa Seasyik Ini

Alasan lainnya, menurut Supeno ketiga tanaman buah-buahan tersebut lebih cepat untuk dimanfaatkan. Berbeda dengan tanaman jati, mahoni, atau sengon yang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk dapat dimanfaatkan.

“Kalau tanaman buah, buahnya bisa langsung dimanfaatkan. Kalau tanaman jati paling tidak 15 tahun baru bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Menurut dia, kondisi Patiayam saat ini hampir 80 persen gersang. Dia mengaku penghijauan perlu dilakukan.

“Karena kalau gundul terus kasihan daerah di bawahnya setiap kali hujan dan longsor pasti terimbas dampaknya,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...