Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sempat Muncul Kasus Baru, Covid-19 di Kudus Zero Lagi

Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, memastikan tren kasus Covid-19 di dalam wilayah masih melandai walau tren kasus di skala nasional mulai naik. Bupati Kudus HM Hartopo memastikan hal itu, Kamis (16/6/2022).

Dia mengatakan, pada pekan kemarin memang sempat ada satu klaster keluarga di Kecamatan Kaliwungu, di mana jumlah pasien positifnya ada empat orang. Tiga isolasi mandiri, dan satu menjalani perawatan.

”Namun kini pasien-pasiennya sudah sembuh, jadi sekarang zero lagi dan landai lagi,” ujarnya.

Hal seperti ini, lanjut dia, sebaiknya dianggap sebagai peringatan dini agar masyarakat di Kabupaten Kudus bisa lebih waspada kembali. Peningkatan kesadaran diri pada penerapan protokol kesehatan juga diharapkan bisa dilakukan kembali.

Adapun protokol kesehatan yang dia maksud adalah memakai masker ketika ada di dalam ruangan, mencuci tangan, dan tetap saling menjaga jarak.

”Ini harus ditingkatkan kembali mengingat masyarakat juga mulai abai dengan prokesnya,” terangnya.

Baca: Dua Bulan Nihil, Muncul Empat Kasus Covid-19 Baru di Kudus

Selain prokes, Hartopo juga berharap masyarakat bisa melengkapi vaksinasinya. Apalagi mereka yang baru melakukan vaksinasi dosis pertama, akan sangat disayangkan bila pemberian vaksinasi mandeg di dosis satu atau dua saja.

”Sayang kalau tidak dilengkapi, apalagi yang dosis pertama dan tidak lanjut ke dosis kedua, kalau sudah waktunya dan tidak divaksin harus mengulang kembali,” katanya

Hal yang sama juga diharapkan pada mereka yang telah melakukan vaksinasi hingga dosis dua. Ia menyarankan, ketika interval vaksinnya sudah mencukupi, maka bisa segera melaksanakan vaksin dosis ketiga.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...