Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Besok Borobudur Ditutup 5 Jam dari Wisatawan, Ini Alasannya

Candi Borobudur (Pixabay)

MURIANEWS, Magelang — Candi Borobudur bakal ditutup untuk umum, termasuk wisatawan selama lima jam mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB, Jumat (17/2022) besok.

Penutupan tersebut lantaran Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dijadwalkan berkunjung ke Candi Borobudur.

Baca: Heboh, Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Akan Dinaikkan Rp 750 Ribu per Orang

Hal itu diungkapkan Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur dan Manohara, Pujo Suwarno. Ia pun menjelaskan, pembukaan Candi Borobudur akan kembali dilakukan setelah kunjungan tamu kenegaraan itu selesai.

”Sesuai rencana, Borobudur akan dibuka kembali untuk wisatawan umum pukul 12.00 WIB,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menyampaikan pada hari kunjungan Presiden Jerman itu, wisatawan masih bisa berkunjung ke Candi Borobudur pada pukul 12.00-16.30 WIB.

”Karena ini kunjungan tamu kenegaraan harus begitu prosedurnya, untuk menghormati beliau,” katanya.

Pujo menyebutkan, berdasarkan informasi yang ada, kunjungan rombongan Presiden Jerman itu berjumlah sekitar 35 orang. Meski begitu, pihaknya masih menunggu detailnya dari Kedubes Jerman.

Baca: Heboh Tiket Borobudur Bakal Naik Jadi Rp 750 Ribu, Begini Kata Ganjar

”Karena ini kunjungan setingkat RI 1 maka rombongan akan naik ke atas candi, rencana simulasinya begitu,” katanya.

Di sisi lain, Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia selama tiga hari, mulai Rabu-Jumat (15-17/6/2022).

Ia akan tiba lebih dulu di Jakarta dan disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan untuk perbincangan politik.

Dalam perbincangan politik itu juga akan bergabung para pakar berbagai topik yang mencakup upaya Indonesia di bidang lingkungan hidup, iklim, dan energi. Setelah itu, Presiden Jerman akan bertolak ke Yogyakarta guna mengeksplorasi warisan kebudayaan Indonesia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Comments
Loading...