Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kurang Puas, Massa BPD Pati Geser ke DPRD

Kurang Puas, Massa BPD Pati Geser ke DPRD
Massa BPD Pati menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Kabupaten Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Massa dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bergeser ke depan kantor DPRD Pati. Mereka berpindah lokasi demonstrasi usai menggelar aksi di Kantor Bupati Pati.

Saat dipersilahkan masuk ke Kantor Bupati Pati, perwakilan mereka tak ditemui Bupati Pati Haryanto. Pemkab Pati mewakilkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sugiyono dan Kabag Pemerintahan Imam Kartiko untuk menemui perwakilan anggota BPD Pati.

Di depan Kantor DPRD Pati, mereka menyampaikan aspirasinya. Mereka mengadu pada pimpinan DPRD Kabupaten Pati setelah merasa audiensi di Kantor Setda Pati belum memuaskan pihaknya. Pihaknya pun meminta kepada DPRD untuk mengawal tuntutan ini.

Baca: Didemo, Pemkab Pati Tak Pastikan Bisa Akomodir Tuntutan BPD

”Kami DPRD Pati meminta mengawal tuntutan kami. Kami juga meminta Dewan untuk memanggilnya Bupati Pati dalam waktu 7×24 jam,” ujar salah satu perwakilan BPD Pati Purwoko dalam audiensi di Ruang Paripurna.

Adapun tuntutan yang diminta BPD Pati yakni, mereka menuntut adanya kenaikan tunjangan sebesar Rp 1 juta setiap bulannya untuk Ketua BPD, Wakil Ketua dan Sekretaris Rp 900 ribu setiap bulan dan anggota Rp 800 ribu per bulan.

Pihaknya menilai tunjangan BPD Kabupaten Pati selama ini terlalu kecil. Tunjangan BPD Kabupaten Pati sendiri Rp 1,75 juta per tahunnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin mengaku sepakat dengan kenaikan tunjangan BPD. Namun pihaknya hanya mempunyai fungsi anggaran.

Pihaknya berjanji memanggil Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diketuai Sekda Kabupaten Pati, Jumani, untuk memperjuangkan aspirasi para BPD Kabupaten Pati ini.

”Yang mencari uang eksekutif. Kuncinya ini eksekutif. Kami menunggu eksekutif. Sesuai permintaan kami akan mengundang TAPD pada Sabtu (18/6/2022),” tandas Ali.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...