Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sensus Penduduk Lanjutan, 11.120 Rumah Tangga di Kudus jadi Sasaran

Sosialisasi SP 2020 Lanjutan di lantai IV Setda Kudus, Kamis (16/6/2022). (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus melakukan Sensus Penduduk (SP) 2020 Lanjutan. Di Kabupaten Kudus ada 11.120 rumah tangga yang akan menjadi sasaran sensus.

Bupati Kudus HM Hartopo mengajak semua masyarakat Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk mendukung pelaksanaan sensus ini.

Keterbukaan informasi pun diharapkan bisa diberikan. Hal ini diutarakan Hartopo saat sosialisasi SP 2020 Lanjutan di lantai IV Setda Kudus, Kamis (16/6/2022).

”Berbeda dengan SP 2020 kemarin, tahun ini kan pertanyaannya lebih rinci dan tidak semua rumah disensus, harapannya bisa didukung semua masyarakat Kudus,” kata Hartopo.

Para camat dan kepala desa di semua wilayah Kudus juga diharapkan bisa menyosialisasikan ini kepada masyarakatnya. Dengan begitu, program ini bisa terlaksana dengan baik karena adanya sosialisasi.

”Sudah kami minta untuk meneruskan informasi ini, semoga ini bisa berjalan lancar dan data yang didapatkan bisa sesuai harapan,” ujarnya.

Baca: BPS Kudus Mulai Laksanakan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

Hartopo juga menitip pesan kepada para petugas sensus untuk turut menyosialisasikan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Mengingat sampai saat ini, pandemi masih terjadi di Kudus.

”Nitip pesan itu, kalau yang belum vaksinasi diharapkan bisa disosialisasi untuk vaksinasi,” tandasnya.

Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa menyampaikan, sensus lanjutan sudah dimulai sejak awal bulan ini.

Jumlah petugas sensus yang diterjunkan pun mencapai 202 orang dengan sasaran sensus sebanyak 11.120 rumah tangga.

Dalam sensus lanjutan ini akan dilakukan pendataan secara rinci terkait karakteristik penduduk. Adapun di antaranya seperti jenis kelamin, cakupan pendidikan, hingga pekerjaan.

“Sehingga ditemukan karakterisitik penduduk Kabupaten Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...