Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri

Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri
Foto: Ilustrasi membersihkan kaca mobil (Gambar oleh hartono subagio dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Kaca mobil seringkali terkena jamur seiring waktu pemakaian dan kurangnya perawatan. Munculnya jamur pada kaca mobil ini tentunya cukup mengganggu kenyamanan.

Ada beberapa penyebab yang membuat kaca mobil menjadi berjamur. Antara lain, sisa air hujan yang masih menempel di kaca mobil, pengeringan mobil setelah mencuci yang tak sempurna, hingga kualitas air yang kurang bagus.

Melihat tanda kaca mobil yang berjamur sangat mudah. Apabila diperhatikan dengan seksama, kaca mobil yang berjamur memperlihatkan bercak putih. Penampakan bercak putih yang mengeras ini adalah jamur pada kaca mobil.

Baca juga: Ini Cara Menyalip Mobil yang Benar dan Aman, Penting Diketahui Pengemudi

Nah, jika kaca mobil Anda terkena jamur, jangan buru-buru dibawa ke bengkel. Berikut ini adalah panduan mengenai cara menghilangkan jamur pada kaca mobil secara mandiri, seperti dilansir dari laman Wuling.id.

Memakai Baking Soda

Bubuk kristal putih atau biasa dikenal sebagai baking powder adalah penghilang jamur pada kaca mobil yang efektif. Metode penghilangan jamur dengan bahan ini tidak beracun dan tidak membahayakan manusia.

Bahan ini tidak hanya secara efektif menghilangkan jamur tetapi juga menyerap sisa kelembaban yang mendorong pertumbuhan jamur. Campuran sederhana soda kue dan air membentuk larutan pembersih kuat yang dapat disemprotkan dan dibersihkan dengan mudah. Ini adalah salah satu solusi pembersihan yang paling umum dan ekonomis untuk jamur pada kaca mobil.

Bersihkan setelah Terkena Hujan

Hal paling mudah yang dilakukan adalah segera membersihkan kaca setelah terkena hujan, karena titik hujan yang menempel pada kaca berpotensi memberikan efek jamur pada kaca. Kain untuk membersihkan juga bisa beragam, setelah menggunakan kain ‘kanebo’, bisa dibersihkan lagi dengan kain microfiber.

Jangan lupa pula cek karet pada bilah wiper, karena akan mempengaruhi kebersihan pada kaca. Bila bilah karet sudah tidak mampu membersihkan secara sempurna, segera ganti.

Gunakan Pembersih Jamur Kaca Khusus Mobil

Namun, bila jamur sudah membandel pada kaca, tentu saja harus dibersihkan secara khusus. Bila ingin membersihkan sendiri, tanpa ke ‘salon’ mobil, maka harus perhatikan beberapa hal.

Antara lain adalah bahan atau kompon yang digunakan, jangan sampai kaca depan seharusnya bebas jamur, justru lecet karena penggunaan bahan yang salah dan penekanan saat membersihkan juga terlalu keras.

Ada beberapa merek pembersih atau penghilang jamur di pasaran yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah jamur pada kaca mobil. Glass Scrub bisa digunakan saat jamur sudah tampak pada kaca, lalu bisa diolesi dengan Rain Clear agar tetap bersih dan berfungsi sebagai pencegahan.

Tentu saja yang terpenting adalah kaca depan, walau kaca samping dan belakang pun tidak luput dari serangan jamur. Rutin lah melapisi kaca dengan bahan anti-jamur agar kaca tetap bersih tanpa mengganggu saat mengemudi. Kaca yang sudah dilapisi dengan Rain Clear, umumnya bertahan antara 3-4 bulan tergantung kondisi dan cuaca.

Menggunakan Minuman Soda

Apabila tidak menemukan obat jamur kaca mobil, minuman soda juga ternyata ampuh menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Caranya, bersihkan kaca mobil hingga kering menggunakan kain. Selanjutnya basahi kain berbahan lembut atau pasta gigi dengan air soda, lalu gosokkan ke kaca mobil yang terkena jamur secara lembut.

Lakukan hal ini hingga jamur pada kaca mobil Anda hilang. Perlu Anda ingat, jangan campurkan air soda dengan air biasa, ya, karena dapat mengurangi kandungan soda yang dapat menghilangkan jamur tersebut.

Aplikasikan Pasta Gigi

Nah, gunakan pasta gigi di rumah Anda untuk menghilangkan jamur kaca mobil. Ini salah satu acara alami yang cukup ampuh. Karena adanya kandungan zat dalam pasta gigi yang mampu menghilangkan jamur tersebut.

Cukup Anda oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang terkena jamur, lalu diamkan sampai mengering. Setelah kering, bilas pasta gigi menggunakan sikat atau kain lembut dengan air dan segera keringkan dengan kain lainnya.

Menggunakan Pemutih Pakaian

Bukan hanya noda pada pakaian, pemutih pakaian yang ada di rumah Anda juga bisa digunakan sebagai pembasmi jamur kaca mobil Anda. Lakukan dengan basahi kain yang lembut terlebih dahulu menggunakan cairan pemutih tersebut secukupnya.

Setelah itu, gosokkan kain tersebut secara perlahan bagian jamur kaca mobil sampai bersih. Ingat, gunakan kain yang lembut agar ketika digosok ke kaca mobil tidak menimbulkan gores, ya.

Gunakan Alkohol

Alkohol juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke alkohol kadar di atas 60%. Kemudian gosok secara perlahan ke bagian kaca yang terkena jamur tersebut.

Memakai Cuka Apel

Selanjutnya adalah menggunakan cuka apel. Caranya, campurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Setelah itu celupkan kain yang lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosokkan kain pada bagian yang terkena jamur hingga benar-benar hilang.

Selanjutnya, setelah jamur tersebut hilang, langsung keringkan dengan kertas koran segera. Anda akan melihat tidak ada lagi jamur yang menempel di kaca mobil.

Pakai Air Tembakau

Terakhir adalah menggunakan air tembakau. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan menggunakan air tersebut.

Pertama, rendam tembakau yang kering dengan air bersih selama 15 menit. Sebelum digosokkan ke kaca mobil, bersihkan bagian kaca mobil yang terkena jamur dengan air dingin. Nah, setelah kering, langsung siramkan jamur di kaca mobil tersebut dengan air yang sudah direndam tembakau tersebut.

Anda bisa coba menyiramkannya selama beberapa kali hingga jamur tersebut benar-benar hilang. Setelah terlihat hilang, bilas kembali dengan air bersih dan lap hingga kering.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wuling.id

Comments
Loading...