Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kemenag Buka Seleksi Calon Mahasiswa yang Minat Kuliah di Maroko, Ini Mekanismenya

Kemenag Buka Seleksi Calon Mahasiswa yang Minat Kuliah di Maroko, Ini Mekanismenya
Foto: Ilustrasi suasana kota Maroko (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Kabar baik bagi lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Pasalnya, Kementerian Agama kembali membuka program seleksi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Maroko. Ada beasiswa yang telah disiapkan bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi.

”Pendaftaran peserta program seleksi calon mahasiswa Maroko dibuka dari 13 – 17 Juni 2022,” terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Suyitno, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, program ini bertujuan menyaring para lulusan Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan dan sederajat (Paket C) yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi di Maroko.

Baca juga: Alhamdulillah, 36 Jemaah Kloter Pertama Haji Plus mulai Tiba di Madinah

Apalagi, Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko setiap tahun juga memberikan kuota beasiswa untuk Kementerian Agama.

”Tahun ini, Kementerian Agama mendapat kuota beasiswa sebanyak 30 orang, sehingga dibuka seleksi,” tegasnya.

Seleksi akan diawali dengan verifikasi dokumen. Hasil verifikasi dokumen ini akan diumumkan pada 20 Juni 2022. Bersamaan itu diumumkan juga mekanisme pembayaran pendaftaran. Keduanya diumumkan melalui website http//diktis.kemenag.go.id.

”Pembayaran pendaftaran dilakukan paling lambat tanggal 22 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. Bagi yang sudah membayar tetapi tidak mengikuti tahapan tes sesuai yang telah ditentukan, maka biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali,” tuturnya.

”Nama-nama peserta tes akan diumumkan pada 24 Juni 2022 di website http//diktis.kemenag.go.id dan akan dilanjutkan dengan simulasi pelaksanaan CBT online di hari dan tanggal yang sama pada pukul 13.30 – 16.00 WIB,” sambungnya.

Seleksi calon mahasiswa Maroko ini, kata Suyitno akan dilakukan melalui 2 tahap. Tahap pertama, seleksi kemampuan Bahasa Arab CBT online yang akan dilaksanakan pada 25 Juni 2022. ”Peserta mengikuti CBT online dari rumah/lokasi masing-masing,” jelasnya.

”Peserta yang lolos CBT online akan diumumkan pada tanggal 27 Juni 2022 melalui website http//diktis.kemenag.go.id,” sambungnya.

Tahap kedua,  seleksi wawancara bagi mereka yang lolos CBT online yang akan dilaksanakan pada 28 Juni 2022.  ”Mekanisme wawancara akan diinformasikan pada 27 Juni 2022 bersamaan dengan pengumuman peserta lolos CBT online,” tandasnya.

Untuk Info selengkapnya, sila klik: Petunjuk Teknis Program Seleksi Calon Mahasiswa Ke Timur Tengah (Beasiswa Maroko) Tahun 2022

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenag.go.id

Comments
Loading...