Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dari Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Melongok ‘Canggihnya’ Toilet Island Hall, di Fashion Island Bangkok Thailand

Closset Island Hall
Fasilitas Closset Island Hall di Fashion Island, Bangkok, Thailand, dilengkapi perlengkapan canggih. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Island Hall yang terletak di Fashion Island Bangkok, Thailand, menyediakan fasilitas modern, yang bisa digunakan para peserta Kejuaraan Tenis Meja ASEAN. Salah satu fasilitas yang cukup ‘mengagumkan’ adalah tersedianya Toilet dengan peralatan ‘canggih’.

Di kawasan Island Hall sendiri untuk fasilitas toilet berada di samping Hall 2 yang berada di sisi paling kiri, dari arah menghadap pintu masuk utamanya. Fasilitas yang ada benar-benar sangat mewah untuk ukuran pelayanan umum. Di sini ada 9 WC (closset)  untuk pria dan 10 WC (Closset) untuk wanita. Disamping tentu saja, ruang ganti dan cermin yang terpisah untuk pria dan wanita.

Kran-kran air di fasilitas toilet ini dipasang otomatis, air akan mancrat saat tangan dijulurkan ke dekat kran. Kemudian juga ada alat pengering tangan otomatis, yang lazim ada di toilet kelas bintang.

Khusus pada peralatan buang hajat, Island Hall menyediakan hal-hal yang lain dari biasanya. Bahkan jika tidak biasa menggunakannya, seseorang malah akan kebingungan dengan sendirinya.

BACA JUGA: Digelar di Pusat Perbelanjaan Terbesar ke-26 di Dunia, Island Hall Fasilitasnya Modern

Closset duduk yang disediakan, secara umum sama dengan yang ada di manapun. Namun satu hal yang membedakan adalah adanya tombol-tombol elektrik di sisi kanan toilet. Disana disediakan pilihan untuk berbagai keperluan buang hajat bagi yang menggunakannya.

Disini ada tombol yang bisa digunakan untuk mengatur suhu untuk bagian tepat dibawah bokong pemakainya. Ini seperti semacam dryer, agar bagian bokong cepet kering, setelah disemprot air. Suhu air yang akan digunakan untuk cebok, juga bisa diatur. Lalu ada juga tombol yang digunakan mengarahkan ‘meriam air’ yang akan digunakan cebok.

Bahkan juga bisa diatur juga tekanan air yang akan muncrat dari ‘meriam air’ ke arah bagian yang perlu dicebok. Jika kurang pas, bisa diatur arahnya ke atas atau kebawah. Jika semprotannya dirasa terlalu kencang bisa dikurangi. Lalu jika suhu airnya terlalu dingin juga bisa dibikin hangat.

Namun bagi yang tidak terbiasa, barangkali kecanggihan toilet di Island Hall ini justru akan membuat geli. Apalagi yang tidak segera memahami kecanggihannya, bisa-bisa malah pucat kebingungan saat akan melakukan ‘peyelesaian akhir’ dari ritual buang hajat.

Berbagai fasilitas modern memang membuat para pengunjung di Island Hall bisa merasa nyaman. Namun demikian tidak pengunjung merasa sepenuhnya senang. Terutama bagi para perokok, Island Hall adalah tempat yang tidak nyaman.

Di berbagai titik, selalu ada peringatan larangan merokok dibubui ancaman denda 2000 bath jika nekad merokok. Termasuk di Toilet-toilet yang biasanya menjadi salah satu tempat favorit para perokok mengatasi masalah larangan merokok. Para perokok hanya bisa ‘nekad’ melakukan perbuatan terlarang itu di area parkir.

Memang tidak ada smoking area yang disediakan di kawasan ini. Sehingga kawasan parkir adalah ‘tempat tak resmi’ bagi mereka yang ingin merokok. Untungnya, orang-orang di Bangkok juga banyak yang perokok. Sehingga di beberapa sudut area parkir mereka memberi ‘petunjuk’ dimana kira-kira bisa merokok dengan aman.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...