Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kenapa Bungkus Rokok Diberi Gambar Mengerikan? Ini Alasannya

ilustrasi

MURIANEWS, Kudus – Setiap kemasan atau bungkus rokok pasti terdapat gambar-gambar yang menyeramkan. Hal ini menjadi pertanyaan warga Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, saat mengikuti sosialisasi cukai dan pemberantasan rokok ilegal, Rabu (15/6/2022).

Usai sesi pemberian materi, salah seorang warga Desa Kandangmas bertanya mengapa merokok itu diperingatkan dengan gambar-gambar mengerikan. Padahal menurut dia, rokok menyumbang devisa negara melalui cukainya.

Menurut dia, ketika rokok menambah devisa negara maka seharusnya tidak usah ditakut-takuti dengan adanya gambar tersebut.

Perwakilan Bea Cukai Kabupaten Kudus, Didit Ghofar pun mencoba menjawabnya. Dia mengatakan, adanya gambar-gambar menyeramkan di kemasan rokok itu adalah win-win solution dengan pihak kesehatan.

Baca: Sosialisasi Cegah Rokok Ilegal, Pemkab Kudus Pentaskan Ketoprak Roro Mendut

Didit menyampaikan, pada satu sisi rokok dengan cukai menghasilkan pemasukan yang luar biasa pada pemerintah. Pemasukan tersebut kemudian digunakan untuk infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

Namun, pemerintah tidak bisa menutup mata akan bahaya yang ditimbulkan dari rokok. Apalagi kalangan remaja kini juga menikmatinya.

Di satu sisi lainnya, ketika pemerintah mengetahui hal tersebut berdampak buruk bagi lingkungan, harus ada upaya pencegahan.

Namun, pemerintah tidak bisa menutup sembarangan pabrik-pabrik rokok karena ada jutaan tenaga kerja yang terserap di sana.

”Karena itulah diberi gambar menyeramkan pada rokok untuk membatasi jumlah pengguna plus adanya pita cukai pada rokok juga untuk membatasi penggunanya juga. Jadi ya semacam boleh merokok cuma ada peringatannya dan kena cukai,” kata dia dalam sesi tanya jawab.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...