Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Triwulan II Realisasi PBB Pati Capai Rp 18 Miliar

Triwulan II Realisasi PBB Pati Capai Rp 18 Miliar
Kabid PBB P2 pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati, Udhi Harsilo Nugroho. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kabupaten Pati mencapai Rp 18 miliar pada triwulan II ini. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pada triwulan II menargetkan realisasi 45 persen dari total target 2022. Target PPB 2022 sendiri senilai Rp 28,5 miliar. Saat ini, Pemkab Pati sudah mendapatkan 66,2 persen.

”Realisasi PBB triwulan II sudah melebihi target. Hingga tanggal 14 Juni kemarin sudah mencapai 66,2 persen atau Rp 18 miliar dari target yang ada,” ujar Kabid PBB P2 pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati, Udhi Harsilo Nugroho.

Baca: Rawan Kebakaran, Warga Pati Diminta Waspada

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ada 191 desa yang sudah lunas. Sementara, total keseluruhan desa di Kabupaten Pati berjumlah 401 desa dan 5 kelurahan.

Meski mendapat capaian yang apik, Udhi menyebut ada daerah yang belum lunas PBB pada 2021 lalu. Daerah tersebut yakni Kecamatan Margorejo. Itu menjadi satu-satunya kecamatan yang belum lunas dalam hal PPB pada tahun lalu.

Kendati demikian, ia memaklumi karena Kecamatan Margorejo, utamanya Desa Muktiharjo mempunyai kesulitan tersendiri dalam penarikan PBB.

”Banyak yang wajib pajaknya bukan orang Pati. Jadi orang luar Pati berinvestasi di sana. Jadi pihak desa atau kecamatan kesulitan menarik PPB,” kata dia.

Kondisi itu pun dianggap sebagai piutang. Pihaknya juga terus memantau bilamana terjadi jual beli tanah tersebut agar terlebih dahulu melunasi PBB-nya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...