Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dua Buronan Kasus Korupsi di Grobogan Belum Tertangkap

Dua Buronan Kasus Korupsi di Grobogan Belum Tertangkap
Kejaksaan Negeri Grobogan. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Dua buronan kasus korupsi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah masih belum ditangkap. Kejaksaan Negeri Grobogan pun sudah melakukan upaya pengejaran dua buron itu.

Dua buron tersebut yakni, T Agus Suprapto, warga Desa Tuko, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Jepara. Mantan Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Pulokulon itu divonis lima tahun penjara.

Ia dinyatakan melakukan tindak pidana korupsi pengelolaan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) pada 2010-2011 di Desa Tuko dan Mangunrejo, Kecamatan Pulokulon.

Baca: Tersangka Kedua Kasus Dugaan Korupsi Bulog Grobogan Belum Ditahan

Selain jatuhi pidana penjara lima tahun, ia juga didenda Rp 200 juta subsider enam bulan kurungan dan wajib membayar uang pengganti sekitar Rp 117 juta subsider satu tahun. Agus menjadi buron sejak 2014.

Buronan selanjutnya adalah Sukarmin. Warga Desa Tambahrejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Jepara itu dinyatakan terbukti melakukan tindak korupsi dengan menyalahgunakan kewenangan dan jabatannya sebagai sekertaris desa.

Sukarmin sudah divonis enam bulan penjara dan wajib membayar uang pengganti sebesar Rp 52,2 juta subsider kurungan lima bulan. Ia juga dihukum membayar denda Rp 10 juta subsider tiga bulan penjara. Diketahui, Sukarmin menjadi buronan sejak 2006 lalu.

Kasi Pidsus Kejari Grobogan Iwan Nuzuardhi mengungkapkan, pihaknya terus mengumpulkan informasi terkait keberadaan kedua buron tersebut.

”Masih mengumpulkan informasi-informasi. Semoga informasi ini valid, sehingga kita bisa memetakan yang bersangkutan ada di mana. Masih on progress lah,” terang Iwan, Rabu (15/6/2022).

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...