Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Rawan Kebakaran, Warga Pati Diminta Waspada

Rawan Kebakaran, Warga Pati Diminta Waspada
Kebakaran terjadi di pabrik kertas PT Sinar Indah Kertas di Jalan Kudus-Pati, Selasa (22/3/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Bencana kebakaran masih mengancam, tak terkecuali di Kabupaten Pati. Bahkan, di wilayah timur dan selatan Kabupaten Pati termasuh daerah rawan kebakaran.

itu diungkapkan Kepala Seksi Damkar kantor Satpol PP Pati, Wahyu Widiatmoko saat ditemui di kantornya, Rabu (15/6/2022).

Wahyu mengatakan kecamatan-kecamatan di dua daerah itu mempunyai angka kebakaran cukup tinggi dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Pati. Hampir setiap pekan ada kebakaran di wilayah itu.

Baca: Jembatan Juwana Pati Tak Direkomendasikan Dilewati, Gegara Kebakaran

Pati bagian selatan yang mempunyai resiko tinggi yakni, Kecamatan Gabus dan Kayen. Sedangkan dari Pati sebelah timur yakni Kecamatan Jakenan dan Juwana dianggap memiliki potensi kebakaran.

”Kecamatan-kecamatan tersebut lebih kering dibandingkan kecamatan lain saat musim kemarau,” ujar dia.

Bahkan, pada musim kemarau basah seperti saat ini potensi kebakaran masih ada. Wahyu berharap masyarakat tetap waspada di musim secara ini. Kebakaran di saat ini lebih sering dikarenakan terjadinya korsleting listrik.

”Kemarau basah ini potensinya di lapangan hasil konsleting listrik biasanya setelah hujan. Dimungkinkan kelembaban itu yang membuat konsleting,” ungkap Wahyu.

Untuk mengantisipasi kebakaran, pihaknya melakukan berbagai langkah. Salah satunya mengedukasi masyarakat tentang kebakaran dan cara mengatasinya.

”Inspeksi ke perusahaan dan instansi juga kita adakan. Berupa simulasi gambaran awal pemadaman, menggunakan alat sederhana. Harapan bisa di netralisir awal. Untuk titiknya yang sudah kita laksanakan,” tandas dia

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...