Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Alasan Jokowi Angkat Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ART/BPN

Ini Alasan Jokowi Angkat Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ART/BPN
Hadi Tjahjanto saat dilantik Jokowi (Tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap sejumlah alasan pengangkatan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk menggantikan Sofyan Djalil.

Jokowi menilai bahwa Hadi merupakan orang yang sangat detail ketika bekerja di lapangan. Terlebih Hadi merupakan mantan Panglima TNI.

”Karena beliau dulu sebagai mantan Panglima (TNI) menguasai teritori, kita juga tahu, Pak hadi kalau ke lapangan kerjanya sangat detail,” kata Jokowi usai melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca: Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Tanpa menafikan sepak terjang Hadi, Jokowi pun langsung memintanya untuk segera menyelesaikan urusan sengketa lahan. Selain itu, Jokowi juga memerintahkan agar hadi dapat secepat mungkin menyelesaikan masalah sertifikat tanah.

Kemudian yang menjadi tugas besar lainnya adalah penggunaan lahan di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

”Urusan yang berkaitan dengan sengketa tanah dan sengketa lahan harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan, yang kedua urusan sertifikat, termasuk di dalamnya urusan lahan tanah yang berkaitan dengan IKN,” tuturnya.

Baca: Jokowi Langsung Beri Tugas ke Zuhas untuk Urus Ini

Hadi Tjahjanto dilantik Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN pada Rabu (15/6/2022) siang bersama dengan Zulkifli Hasan yang ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Bersamaan dengan itu, Jokowi melantik tiga wakil menteri yakni Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kemudian, Afriansyah Ferry Noor dilantik sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), lalu John Wempi Watipo diangkat sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...