Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Perintahkan BLT Buruh Rokok Segera Dicairkan

Pekerja rokok di PR Sukun Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo memerintahkan Dinas Sosial P3AP2KB untuk bisa mencairkan BLT buruh rokok yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) paling lambat akhir bulan ini.

Hartopo menilai, BLT tersebut sangat dibutuhkan para pekerja rokok apalagi kebutuhan yang kian hari kian meningkat.

“Ini targetnya harus cair di bulan ini, sudah ditunggu-tunggu kok, secepatnya saja, Dinas Sosial nanti yang mencairkan,” kata dia Rabu (15/6/2022).

Pihak Dinsos sendiri, sambung Hartopo, diminta untuk lebih aktif menanyakan update sinkronisasi data kepada Pemprov Jateng. Sehingga waktu penyalurannya bisa dilaksanakan secepatnya.

”Dari Dinsos nanti harus aktif tanya, kalau ada data yang tidak sinkron langsung saja koordinasi, jangan menunggu mereka yang koordinasi, kita yang butuh soalnya,” ujarnya.

Baca: Jumlah Penerima BLT Buruh Rokok di Kudus Bakal Bertambah

Hartopo menambahkan, buruh rokok asal Kudus yang telah terdaftar sebagai penerima BLT dimungkinkan akan menerima bantuan sebanyak enam kali. Empat dianggarkan di APBD murni dan dua sisanya di APBD perubahan.

”Anggarannya lebih-lebih untuk itu jadi tidak masalah,” pungkas dia.

Sementara Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Mundir menyampaikan, jika berdasar jadwal dari Pemprov Jawa Tengah yang juga akan menyalurkan BLT buruh rokok, pencairan periode Juni-Juli akan dilaksanakan pada pertengahan Juli.

Kemudian pencairan untuk bulan Agustus-September, akan diserahkan pada bulan Agustus. “Tapi nanti jika memang harus Juni maka akan kami upayakan semaksimal mungkin,” pungkas Mundir

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...