Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Zulkifli Hasan Gantikan Muhammad Luthfi Jadi Mendag

Zulkifli Hasan Gantikan Muhammad Luthfi Jadi Mendag
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Instagram/@zul.hasan)

MURIANEWS, Jakarta – Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zuhas resmi menggantikan Muhammad Luthfi untuk menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Bahkan Zuhas telah resmi dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

Penggantian jabatan tersebut sesuai dengan surat Keputusan Presiden nomor 64P Tahun 2022 Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Zulkifli Hasan merupakan salah satu elite politik di tanah air. Ia merupakan Ketua Umum PAN dan merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Pria kelahiran Lampung 31 Agustus 1962 itu dikenal sebagai politikus yang kenyang pengalaman politik. Duduk di kursi legislatif maupun eksekutif sudah pernah dirasakan olehnya.

Zuhas mengawali karier politiknya dengan duduk sebagai anggota DPR periode 2004-2009. Saat itu, ia langsung didapuk sebagai Ketua Fraksi PAN DPR RI.

Baca: Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Pada masa pemerintahan kedua Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ia dipercaya menjadi menteri kehutanan di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II periode 2009-2014. Setelah selesai masa jabatannya, Ia juga ikut bertarung di pemilu legislatif 2014 melalui PAN dan berhasil lolos kembali ke parlemen.

Pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris), Jakarta itu kembali lolos ke parlemen untuk masa jabatan 2019-2024. Jabatan strategis di parlemen pun berhasil ia peroleh, yakni sebagai wakil ketua MPR.

Pada Kongres PAN ke-IV 2015, Zulhas berhasil menjabat sebagai Ketum PAN dengan mengalahkan pesaingnya kala itu Hatta Rajasa. Jabatan yang sama pun kini berhasil ia rengkuh untuk kedua kalinya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...