Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Naik Motor Jangan Pakai Sandal, Kasatlantas Kudus: Tak Ditilang

Kasatlantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus — Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengimbau pengendara sepeda motor untuk tidak mengenakan sandal jepit selama berkendara. Tak terkecuali, untuk pengendara atau masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo mengatakan, kebijakan tersebut bukan bentuk larangan, melainkan sebagai sebuah imbauan. Ia menyebut, pengendara motor akan lebih aman jika mengenakan sepatu atau alas kaki yang tertutup.

”Itu bukan larangan, tapi imbauan yang tujuannya meningkatkan keamanan masyarakat saat berkendara dan keamanan di jalan bisa lebih terjaga,” katanya, Rabu (15/6/2022).

Baca: Hindari Kebiasaan Ini saat Naik Motor Matik Melewati Turunan, Bisa Bikin Rem Blong!

Lantaran hanya bersifat imbauan, personel tidak akan melakukan tilang kepada pengendara yang masih memakai sandal jepit.

”Imbauan ini untuk edukasi ke masyarakat yang memiliki tujuan baik. Tapi untuk masalah sandal jepit tidak ada penilangan, berbeda dengan peraturan yang mewajibkan pengendara memakai helm,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat Kudus bisa mengupayakan untuk tidak memakai sandal jepit saat naik motor.

Apalagi menurutnya, keamanan dan keselamatan saat berlalu lintas merupakan tanggungjawab bersama.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...