Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jabar

Ribuan Guru Honorer di Garut yang Tidak Lolos CASN Diangkat Jadi PPPK

Ribuan Guru Honorer di Garut yang Tidak Lolos CASN Diangkat Jadi PPPK
Ilustrasi guru (Murianews)

MURIANEWS, Garut – Sebanyak 3.330 guru honorer yang sempat mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil negara (CASN) dengan formasi guru yang tidak lolos, diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pengajuan pengangkatan PPPK itu lantaran adanya kebijakan baru dari pemerintah pusat untuk menghapus tenaga honorer.

”Yang kami ajukan ini adalah mereka yang sempat ikut tes dalam penerimaan sebelumnya untuk ASN formasi guru, dan masuk passing grade namun tidak lolos,” kata Nurdin, dikutip dari Merdeka.com, Rabu (15/6/2022).

Baca: Separuh Lebih Honorer Pemkab Kudus Tak Bisa Ikuti PPPK, Kenapa?

Menurutnya, pengajuan sudah dilakukan karena berkas lengkapnya masih ada berdasarkan data saat ikuti tes CASN.

”Kami tinggal menunggu penetapan nomor induk PPPK dari Kemenpan-RB karena tidak akan dites lagi. Setelah nomornya turun, pemberkasan dilakukan di kami untuk mendapatkan NIP (nomor induk pegawai),” jelasnya.

Pihaknya memastikan bahwa ribuan guru honorer itu akan diangkat menjadi PPPK untuk tahun 2022 ini. Sehingga pada saat aturan baru berlaku, mereka sudah berstatus PPPK. Dengan penetapan itu, ia berharap jumlah tersebut bisa memenuhi kebutuhan guru di Kabupaten Garut.

Baca: Kebutuhan Guru PPPK Capai 970 Ribu Tapi Pengajuan Baru 343 Ribu

Meski begitu, Nurdin mengungkapkan bahwa jumlah guru honorer yang diangkat dengan data yang ada masih sangat jauh. Berdasarkan data yang diketahuinya, jumlah guru honorer di Kabupaten Garut mencapai puluhan ribu orang.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Merdeka.com

Comments
Loading...