Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Komisi II DPR RI Minta Anggaran Pemilu Ditekan Lagi

Komisi II DPR RI Minta Anggaran Pemilu Ditekan Lagi
Pertemuan Komisioner KPU dengan Presiden Jokowi (dok. biro pers Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Komisi II DPR RI meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menekan anggaran pemilu yang mencapai Rp 76,6 triliun. Penekanan itu nantinya untuk mengurangi anggaran yang sifatnya bisa dikerja samakan dengan pemerintah daerah.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, anggaran 76,6  tersebut masih ada catatan yang harus dilakukan oleh KPU.

”Catatan yang pertama itu adalah kalau memang masih bisa diefisienkan itu akan lebih baik,” ujar Doli, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Doli menyampaikan, cara mengefisienkan anggaran itu adalah dengan mengurangi pembelian sejumlah item, di antaranya yang berkaitan dengan pengadaan fasilitas-fasilitas fisik seperti sekretariat hingga gudang.

Baca: DPR Sepakati Anggaran Pemilu 2024 Rp 76,6 T

”Nah kalau itu memang bisa diambil alih oleh pemerintah, pemerintah daerah atau pemerintah pusat, aset-asetnya dihibahkan atau lebih dipinjamkan. Itu akan tentu mengurangi,” terangnya.

Sementara Ketua KPU Hasyim Asy’ari sebelumnya memaparkan alokasi anggaran Pemilu 2024 yang mencapai Rp 76,6 triliun. Sebagian besar dari total anggaran Pemilu 2024 itu digunakan untuk kegiatan tahapan/proses elektoral. Sedangkan sisanya dipakai untuk kegiatan dukungan, seperti rehabilitasi kantor dan gedung.

“Sekitar 82,71 persen atau Rp 63 triliun itu digunakan untuk pelaksanaan tahapan pemilu, baik honor ad hoc, logistik pemilu, sosialisasi, dan pendidikan pemilu,” ujar Hasyim.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...