Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Kampus

Profesor IPB Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Helsinki Finlandia

Profesor IPB Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Helsinki
Daniel Murdiyarso, Profesor Ahli Meteorologi Hutan IPB (Muerianews/istimewa)

MURIANEWS, Bogor – Daniel Murdiyarso, Profesor Meteorologi Hutan pada Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan gelar doktor kehormatan (Doctor Honoris Causa) dari Universitas Helsinki, Finlandia.

Daniel merupakan satu-satunya ilmuwan dari Indonesia yang akan menerima gelar kehormatan tersebut, telah berkarir selama lebih dari 30 tahun. Ia saat ini merupakan salah satu peneliti senior di CIFOR dan Guru Besar di Departemen Geofisika dan Meteorologi FMIPA-IPB.

Selain itu, Daniel juga merupakan Ilmuwan Utama Center for International Forestry Research and World Agroforestry (CIFOR-ICRAF).

Daniel mengaku bersyukur dengan penganugrahan tersebut. Apalagi, dirinya merupakan satu-satunya ilmuan Indonesia yang mendapatkan gelar kehormatan tersebut.

”Saya sangat berterima kasih atas gelar Doctor Honoris Causa yang diberikan oleh Universitas Helsinki,” katanya seperti keterangan tertulis yang diterima Murianews, Rabu (15/6/2022).

Baca: ATM BSI Depan Kampus UMK Kudus Diduga Jadi Sasaran Skimming

Menurutnya, prestasi ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak dalam melakukan penelitian pada bidang perubahan tata guna lahan, siklus biogeokimia, serta adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

”Gelar kehormatan ini memotivasi saya untuk terus aktif dalam melakukan penelitian sehingga dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk kehidupan kita,” ujar Daniel.

Diketakui, Daniel merupakan salah satu dari delapan ilmuwan yang akan menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Helsinki. Seremonial pengukuhan akan dilakukan pada Jumat (17/6/2022) mendatang.

Baca: Habib Luthfi Dianugerahi Doktor Honoris Causa dari Unnes, Ganjar: Sikap Beliau Lebih dari Doktor

Acara tersebut merupakan bagian dari empat upacara penganugerahan yang akan diadakan Universitas Helsinki, masing-masing oleh Fakultas Kedokteran, Fakultas Filsafat, Fakultas Pertanian, dan Kehutanan dan Fakultas Ilmu Sosial.

Sebagai bagian dari tradisi Universitas Helsinki, gelar Doctor Honoris Causa akan diberikan kepada individu yang terpilih dalam sebuah upacara penganugerahan. Tahun 2022 ini, telah dipilih 30 ilmuwan dan juga tokoh masyarakat dari berbagai belahan dunia untuk menerima gelar kehormatan tersebut.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...