Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat! Transmisi CVT Mobil Jebol Bisa Disebabkan Kebiasaan Sepele lho

Catat! Transmisi CVT Mobil Jebol Bisa Disebabkan Kebiasaan Sepele lho
Foto: Ilustrasi transmisi mobil (Gambar oleh amir am dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) sudah banyak dipakai pada berbagai jenis mobil. Transmisi CVT didesain guna memberi kenyamanan berkendara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Seiring waktu pemakaian, transmisi CVT juga rentan mengalami kerusakan. Selain itu, kerusakan transmisi CVT juga bisa disebabkan kebiasaan sepele pengemudi.

Mengutip dari Gridoto.com, kebiasaan itu adalah dengan menggeser secara cepat tuas D (drive) ke R (reverse) atau begitu sebaliknya. Karena praktis, pengemudi ditengarai ingin segera menggeser tuas antara D dan R.

Baca juga: Begini Cara Pengoperasian Tuas Transmisi Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

Meski terdapat N (neutral) diatara posisi D dan R dimana tidak ada pergerakan dari girboks. Pada tuas N adalah tempat putaran pulley set untuk maju atau mundur.

Namun sebagai catatan, cara kerja girboks transmisi CVT memerlukan jeda waktu guna memproses putaran pulley.

Saat tuas D digeser cepat ke N lalu langsung ke R, masih terdapat sedikit pergerakan dari input shaft yang sedang maju langsung digeser mundur. Gir input shaft nantinya akan mengalami benturan akibat dari gerak mekanikal langsung mundur.

Begitu halnya pada pulley set yang bergesekan dengan belt yang berpindah langsung dari maju ke mundur. Gerakan dan benturan itu yang dapat membuat keausan atau bahkan jebolnya transmisi CVT.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...