Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Isu Perombakan Kabinet Menguat, Siapa yang Tersingkir?

Isu Perombakan Kabinet Menguat, Siapa yang Tersingkir?
Ilustrasi. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta –  Isu tentang perombakan kabinet Jokowi terus menguat belakangan terakhir. Bahkan rencana perombakan kabinet itu dikabarkan akan dilakukan pada Rabu (15/6/2022) besok. Namun belum ada kepastian dari Presiden Jokowi apakah akan melakukan perombakan kabinet atau tetap mempertahankan formasi yang saat ini.

Kendati demikian, isu perombakan kabinet ini kian senter di istana. Bahkan posisi-posisi menteri yang akan diganti juga sudah mencuat.

Sekretaris Kabinet Indonesia Maju Pramono Anung juga tidak menampik terkait isu perombakan tersebut. Namun, pihaknya enggan memberikan bocoran kapan perombakan itu akan dilakukan.

Baca: Jokowi Reshuffle Kabinet Sore Nanti, Ini Bocoran Menteri Baru yang Akan Dilantik 

”Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata Pramono, dikutip dari detik.com, Selasa (14/6/2022).

”Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi… beliau sangat tahulah,” sambungnya.

Baca: Resuffle Kabinet, Ini Enam Menteri Baru Presiden Jokowi

Dikutip dari detik.com, ada lima kursi menteri yang bakal berganti kepemilikan. Lima kementerian yang menterinya bakal digeser ini ada di bidang ekonomi, yaitu Menteri BUMN, Menteri ATR/BPN, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri Perhubungan.

Isu soal lima kursi yang digeser Jokowi juga terdengar sayup-sayup di kalangan politikus partai pendukung pemerintahan saat ini. Namun belum ada yang mau bicara terbuka soal waktu dan jumlah pasti menteri yang kena reshuffle.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...