Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 14 Juni: Jalan Tol Cipali Diresmikan Presiden Joko Widodo Tahun 2015

Catatan Sejarah Tanggal 14 Juni: Jalan Tol Cipali Diresmikan Presiden Joko Widodo Tahun 2015
Foto: Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan tol Cikopo-Palimanan (bpjt.pu.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 14 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 14 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1158

Adipati Bavaria, Heinrich si Singa, mendirikan Kota Munchen di dekat Sungai Isar. Kini, Kota Munchen menjadi salah satu kota besar di Jerman dan menjadi lokasi markas klub sepak bola yang disegani di daratan Eropa, yakni Bayern Munchen.

1285

Pasukan Mongol tiba di Perairan Vietnam untuk melakukan Invasi Vietnam II. Namun, pasukan Mongol gagal setelah armada angkatan lautnya dihancurkan pasukan Vietnam yang dipimpin Pangeran Tran Quang Khai dari Dinasti Tran.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 13 Juni: Pembukaan Piala Dunia FIFA 1982 di Spanyol

1667

Pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan Inggris di Chatham, Medway, Inggris berakhir. Kekalahan Inggris dalam pertempuran tersebut merupakan kekalahan terbesar selama Perang Inggris-Belanda II.

1807

Pasukan Prancis yang dipimpin Kaisar Napoleon Bonaparte berhasil mengalahkan pasukan Rusia dalam Pertempuran Friedland di Friedland. Tsar Rusia Alexander I memulai negosiasi dengan Prancis untuk mengakhiri Perang Koalisi Keempat.

1913

Pemerintah Hindia Belanda membentuk badan kepurbakalaan Oudheidkundige Dienst (OD) atau Jawatan Purbakala pada 14 Juni untuk menangani candi-candi purbakala di Indonesia dengan lebih intensif. Hingga kini, tanggal 14 Juni tetap dikenal sebagai Hari Purbakala di Indonesia.

1928

Ernesto Guevara Lynch de La Serna lahir di Rosario, Argentina. Ia lantas dikenal luas sebagai seorang revolusioner, dokter, pengarang, pemimpin gerilya, diplomat dan pakar teori militer Marxis Argentina.

1940

Sebanyak 728 tawanan politik Nazi dari Tarnow, Polandia, menjadi penghuni pertama kamp konsentrasi di Auschwitz, Polandia. Kini, kamp konsentrasi tersebut ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

1946

Donald John Trump lahir di New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai presiden ke-45 AS yang resmi menjabat sejak Januari 2017.

1982

Perang Falkland yang melibatkan Argentina dan Inggris di Kepulauan Falkland di Samudera Atlantik, dekat Argentina berakhir pada 14 Juni 1982. Argentina akhirnya menyerah kepada Inggris setelah berusaha merebut Kepulauan Falkland sejak 2 April 1982.

1985

Belgia, Perancis, Luksemburg, Belanda, dan Jerman Barat menandatangani Perjanjian Schengen di Luksemburg. Perjanjian Schengen merupakan sebuah perjanjian yang bertujuan untuk menghilangkan batasan internal wilayah antar-negara.

2007

Kurt Josef Waldheim adalah seorang diplomat Austria dan politikus konservatif yang meninggal dunia pada 19 Juni. Ia menjabat Sekjen PBB periode 1972 – 1981 dan Presiden Federal Austria pada periode 1986 – 1992.

2014

Pesawat pengangkut milik Angkatan Udara Ukraina, Ilyushin Il-76, ditembak jatuh pasukan Pro-Rusia di dekat Bandara Luhansk, Ukraina. Akibatnya, seluruh penumpang dan awak pesawat berjumlah 49 orang tewas.

2015

Jalan Tol Cikopo-Palimanan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu 13 Juni 2015. Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Jalan Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

2018

Piala Dunia FIFA 2018 turnamen sepak bola internasional empat tahunan yang ke 21 diikuti oleh tim nasional pria asosiasi anggota FIFA. Turnamen ini diselenggarakan di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...