Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pedagang Alun-Alun Kembangjoyo Pati Minta Dibuatkan Musala

Pedagang Alun-Alun Kembangjoyo Pati Minta Dibuatkan Musala
Musala di Alun-alun Kembangjoyo Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pedagang Alun-alun Kembangjoyo Pati, Jawa Tengah meminta agar pemerintah setempat membangunkan fasilitas musala yang layak di tempat mereka berdagang.

Pasalnya, musala yang ada saat ini jauh dari kata layak. Itu diungkapkan Ketua Paguyuban Pedagang Alun-alun Kembangjoyo Pati Hendro Supriyanto.

”Seharusnya ketika dibuat itu ada musala. Tetapi, saya ndak tahu, kok ternyata tidak ada musalanya,” ujar lelaki yang akrab disapa Sipo itu, Selasa (14/6/2022).

Baca: Pedagang Alun-Alun Kembangjoyo Pati Mengeluh Sepi

Musala yang ada saat ini dibuat para pedagang. Wujudnya pun ala kadarnya karena dibangun dari sisa-sisa proyek Alun-alun Kembangjoyo.

Tempat ibadah itu dibuat semi permanen. Bangunan itu dibangun dengan triplek dan seng.

”Masak segede gini ndak ada musalanya. Jadi orang mau salat kejauhan di Kalidoro. Orang inginnya kan praktis,” kata Sipo.

Ia pun berharap pemerintah setempat membangun musala di Alun-alun Kembangjoyo. Setidaknya ada tempat ibadah untuk para pedagang maupun pengunjung Alun-alun Kembangjoyo.

”Entah dari APBD maupun dari aspirasi dewan. Agar musala lebih baik ndak kayak musala monyet. Tolonglah dibuatkan. Harapan saya nanti 5×7 meter. Minimal bisa untuk ibadah dan mengaji anak-anak,” harap dia.

Sebenarnya, pihaknya sudah mencoba menampung sumbangan untuk pembangunan musala. Saat ini, sudah terkumpul Rp 10 juta berupa bahan bangunan.

Namun, dana itu masih kurang banyak mengingat estimasi pembuatan musala sekitar Rp 80 juta.

”Dihitung hampir Rp 100 juta dengan kualitas bagus atau paling tidak Rp 80 juta. Kami juga baru mendapatkan bantuan dana Rp 10 juta, berupa besi sama batu bata hebel, dan umpak dari BNI,” tutupnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...