Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Aktivitas Khilafatul Muslimin Jepara Dihentikan, Penyelidikan Jalan Terus

Aktivitas Khilafatul Muslimin Jepara Dihentikan, Penyelidikan Jalan Terus
Pencabutan plang Khilafatul Muslimin oleh aparat di Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong, Jepara. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Kesepakatan penghentian aktivitas Khilafatul Muslimin di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah sudah resmi dihentikan. Namun, penyelidikan yang dilakukan Polres Jepara tetap berlanjut.

”Kami masih tetap melaksanakan penyelidikan lebih lanjut,” kata Kasatreskrim Polres Jepara, AKP M Fachrur Rozi, Selasa (14/6/2022).

Rozi membenarkan adanya kesepakatan pemberhentian aktivitas Khilafatul Muslimin di Mapolres Jepara. Pertemuan tersebut dihadiri sesepuh Khilafatul Muslimin, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan tiga tokoh agama di Jepara.

Baca: Khilafatul Muslimin Jepara Sepakat Hentikan Aktivitas

Dijelaskan, kesepakatan itu bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap aktivitas Khilafatul Muslimin.

”Ini dimaksudkan untuk menjamin kerukunan bangsa,” jelas Rozi.

Sebelumnya, Polres Jepara telah memanggil dua orang terkait Khilafatul Muslimin. Mereka adalah simpatisan kelompok Khilafatul Muslimin.

Polisi sendiri masih belum membeberkan hasil pemeriksaan pada kedua orang itu. Namun, penyelidikan tetap berlanjut untuk pengembangan terkait keberadaan Khilafatul Muslimin.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Warsono mengatakan pemberhentian aktivitas Khilafatul Muslimin dilakukan karena kelompok tersebut dinilai bertentangan dengan dasar negara.

”Intinya dihentikan aktivitasnya. Karena bertentangan dengan ideologi Pancasila,” tegas Warsono.

Di sisi lain, pihak Khilafatul Muslimin Jepara hingga kini belum memberikan keterangan. Murtadho, pihak dari Khilafatul Muslimin yang menandatangani surat kesepakatan itu tak merespon saat dikonfirmasi Murianews.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...