Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Buka Opsi Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pasar Ternak Gulang Kudus yang ditutup beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, membuka opsi untuk memperpanjang penutupan pasar hewan di Kota Kretek. Apalagi kini kondisi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak belum juga terkendali.

Adapun penutupan direncanakan berlangsung hingga dua pekan ke depan. Sehingga para penjual ternak diminta untuk memaklumi hal ini.

”Karena kasusnya masih terjadi lonjakan dimungkinkan akan kami perpanjang penutupan pasarnya. Setidaknya sampai kondisi menunjukkan angka penurunan kasusnya,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Selasa (14//6/2022).

Dia menyampaikan, pemerintah daerah sampai saat ini terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit pada ternak ini. Dua tim satgas pun dikerahkan untuk hal ini.

”Kami sudah mengerahkan tim satgas untuk menangani ini, kami upayakan semaksimal mungkin walau SDM dokternya sebenarnya kurang ini,” ujarnya.

Baca: Pasar Hewan Kudus Ditutup, Pedagang Jual Ternak di Pinggir Jalan

Oleh karena itu, pihaknya berharap baik peternak maupun pedagang bisa ikut membantu pemerintah dalam menangani hal ini. Salah satunya dengan tidak mendatangkan hewan ternak dari luar daerah terlebih dahulu.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kudus, mengambil kebijakan untuk menutup semua pasar hewan selama dua pekan. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan merebaknya virus Penyakit PMK di Kota Kretek.

Baca: PMK Menyebar, Pasar Hewan di Kudus Tutup Dua Pekan

Penutupan sendiri, dimulai pada Rabu (8/6/2022) pekan lalu hingga pekan ini. Bila memang diperpanjang, maka penutupan pasar ternak akan berlangsung hingga akhir bulan Juni 2022.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...